Kiat Mudah Membuat Selai Nanas di Rumah

Selai nanas merupakan teman setia untuk melengkapi hidangan roti tawar. Rasanya yang segar dan legit juga membuat selai yang satu ini seringkali dijadikan isian untuk kue kering.

Nah, bagi Ibu yang hobi membuat kue, selain rasa nanas dalam bentuk kemasan kaleng mungkin menjadi pilihan praktis. Namun sayangnya, tak semua selai dalam kemasan memiliki kualitas bahan dan rasa yang terjamin. Salah-salah, selai yang Ibu beli bisa merusak citarasa kue yang dibuat loh!

Daripada  berisiko, kenapa tak mencoba mengolah nanas menjadi selai di rumah? Caranya sangat mudah kok. Apalagi, harga nanas di pasaran terbilang jauh lebih murah dibandingkan membeli selai dalam bentuk jadi.

Untuk mengolah nanas menjadi selai, Ibu hanya perlu memasak nanas yang sudah dihaluskan bersama gula, dan kayu manis hingga mengental. Nah, agar selai nanas yang Ibu buat nantinya anti gagal, coba perhatikan beberapa kiat berikut.

  1. Pilihlah nanas yang sudah masak, namun masih tampak segar.
  2. Kupas nanas dan buang bagian bintik hitam dan juga bagian tengahnya.
  3. Parut nanas menggunakan parutan keju. Jangan diblender karena memblender nanas berarti membutuhkan tambahan air sehingga proses pemasakan menjadi lebih lama. Selain itu, memblender nanas juga akan menghilangkan tekstur nanas.
  4. Masak nanas terlebih dahulu tanpa tambahan apapun. Barulah setelah layu dan airnya menyusut, tambahkan kayu manis dan gula. Lalu masak kembali hingga mengental. Jangan lupa terus diaduk agar tetap kental ya.
  5. Agar selai memiliki rasa yang gurih, tambahkanlah sedikit garam. Masukkan garam bersamaan dengan gula.
  6. Jika ingin selai nanas dengan tekstur kesat dan kering, ratakanlah selai setengah jadi di atas loyang, lalu panggang menggunakan oven.
  7. Bagi Ibu yang menginginkan aroma rempah yang kuat, bisa juga menambahkan bubuk cengkeh dan pala.

Share artikel ini:

Artikel Terkait