Kreasi Lezat Aneka Bumbu Sate Khas Nusantara

Siapa yang tidak mengenal sajian khas nusantara berupa sate? Hidangan sate memang khas dan banyak difavoritkan oleh masyarakat Indonesia karena selain lezat, sate juga memiliki keunikan tersendiri baik dari proses pembuatan maupun bumbunya yang berbeda di masing-masing daerah.
Bumbu sate khas nusantara bisa tampak dari aneka rempah serta bahan yang dibutuhkan. Maklum saja, rempah-rempah merupakan komoditi utama di negara kita, sehingga banyak dipakai dalam masakan dengan rasa khasnya. Dari berbagai daerah yang tersebar di Indonesia, Ibu bisa mengkreasikan ide pembuatan sate untuk si Kecil agar tidak bosan. Berikut ini beberapa variasi sate beserta bumbunya yang bisa Ibu jadikan inspirasi. 
 
1. Bumbu Sate Pentul Bali
Bumbu sate pentul khas dari Bali bisa tampak dari paduan parutan kelapa yang dicampur dengan daging ikan yang dicincang sampai halus. Untuk penyajiannya, cara dari Pulau Dewata ini memang punya ciri tersendiri yaitu menggunakan lilitan batang bambu atau batang serai, sehingga aroma khas dari dua bahan tersebut akan terasa saat dipanggang.
 
2. Bumbu Sate Sapi Kuah
Keunikan sate nusantara juga terdapat di Yogyakarta. Sajian sate yang ada di Yogyakarta memang memiliki perbedaan yaitu disajikan dengan kuah dan bumbu sate sapi yang cenderung berbeda.  Sajian khas ini memiliki bumbu sate sapi yang dibuat dari campuran tempe yang ditumbuk dan menyertakan kuah dalam penyajiannya.
Kelezatan dari sate kuah bumbu tempe yang ada di Yogyakarta ini juga bisa menyehatkan si Kecil karena kandungan proteinnya yang tinggi dari kedelai dan daging sapi.
 
3. Bumbu Kacang Sate Ponorogo
Jika si Kecil termasuk penggemar daging ayam, menu ini dapat menjadi pilihan tepat untuk disajikan ketika makan bersama keluarga. Jika pada umumnya daging ayam dipotong kecil-kecil sebelum dijadikan sate, sate Ponorogo menggunakan daging ayam fillet yang berukuran panjang. Bagi Ibu yang mencintai sajian pedas, Ibu pun juga dapat menambahkan irisan cabai rawit pada sajian khas Ponorogo yang satu ini.
 
Dengan mencoba aneka bumbu sate di atas, Ibu dapat turut membantu melestarikan budaya nusantara sekaligus memperkaya cita rasa pada sajian kaya protein bagi keluarga. Manakah bumbu sate yang jadi favorit Ibu?

Share artikel ini:

Artikel Terkait