vote

Kue Natal, Tradisi Yang Tak Boleh Dilewatkan

Kue natal adalah salah satu tradisi Natal yang sudah berusia ratusan tahun. Bagaimana awal mula hidangan ini dapat menjadi tradisi di hari Natal? Intip ceritanya di sini, ya!

  • Rate Artikel ini

Hari Natal akan tiba dan Ibu mulai sibuk menyiapkan berbagai keperluan. Berbicara mengenai Natal, tentunya tidak lengkap jika hanya membahas dekorasi. Selain dekorasi, hari Natal nampaknya kurang istimewa tanpa jamuan yang lezat favorit keluarga.

Salah satu jenis hidangan Natal yang khas adalah kue Natal. Kue natal adalah salah satu tradisi Natal yang sudah berusia ratusan tahun. Hidangan kue ini akan menjadi camilan seru saat berkumpul bersama keluarga pada tanggal 25 Desember mendatang. Ayo kita telusuri bagaimana kue Natal dapat menjadi bagian penting dari perayaan hari lahirnya Yesus Kristus ini, yuk!

Beberapa ratus tahun yang lalu, gula dianggap barang yang cukup mewah karena harganya mahal lho, Bu. Oleh karena itu, makanan dengan kandungan gula umumnya diperuntukkan bagi orang-orang kaya saja. Pada saat itu, makanan yang mengandung gula juga hanya disajikan pada acara-acara tertentu yang dianggap spesial, seperti acara pernikahan, Paskah, juga Natal.

Untuk kue, baik cake ataupun cookies, sejak zaman dahulu telah menjadi bagian dari tradisi dalam sebuah perayaan.  Beberapa bahan dasar kue, seperti kayumanis ataupun jahe, awalnya diperkenalkan ke Benua Eropa pada abad pertengahan dan dijual dengan harga yang sangat tinggi.

Sekitar pada tahun 1500, kue Natal akhirnya menyebar ke seluruh bagian Benua Eropa dan menjadi salah satu jamuan Natal selain makanan utama. Di masa tersebut, variasi kue Natal pun sudah mulai meningkat karena masing-masing negara memiliki kue favorit yang berbeda-beda, seperti Buche de Noel dari Prancis dan Speculaas dari Belanda. Peningkatan variasi kue Natal ini juga didukung oleh jenis bahan yang bertambah, seperti pala, lada, aprikot dan kurma yang juga mulai dikenal oleh masyarakat Eropa saat itu.

Sejak awal diperkenalkan hingga zaman sekarang, kue Natal sukses dipertahankan cita rasanya. Wangi kayumanis, pala, serta jahe masih mendominasi rasa kue Natal, walaupun zaman telah berganti. Pada dasarnya, kue natal, baik tradisional atau modern, sama-sama dapat membuat hari Natal keluarga Ibu semakin meriah. Jadi, apakah Ibu sudah menentukan jenis kue Natal apakah yang akan dibuat pada hari Natal tahun ini?

Artikel Terkait

Terbaru