Manfaat Buah Duku Untuk Kecantikan Kulit

Buah-buahan merupakan jenis makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh tubuh kita. Tidak perlu buah-buahan impor, buah lokal juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu buah lokal yang memiliki banyak kandungan vitamin adalah duku.

Buah duku memiliki manfaat seperti mencegah anemia, menjaga kesehatan gigi serta gusi, mengatur kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, mencegah diare, serta menjaga kesehatan sistem pencernaan. Tetapi, selain kesehatan, manfaat buah duku juga dapat dirasakan untuk kecantikan kulit.

Untuk meningkatkan kesehatan kulit, Ibu perlu mengonsumsi banyak buah yang mengandung vitamin C. Salah satu buah yang mengandung banyak kandungan vitamin C adalah duku.  Vitamin C memang dikenal sebagai vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh, tetapi vitamin ini juga tergolong ampuh untuk menjaga kesehatan kulit. Penuhi selalu asupan vitamin C karena saat tubuh sedang kekurangan jenis vitamin ini, kulit akan cenderung tampak lebih kasar dan kering.

Manfaat buah duku dari vitamin C adalah membantu mencerahkan warna kulit serta membantu kolagen terbentuk. Vitamin C mempunyai kandungan asam askorbat yang dapat membantu kolagen diproduksi sebagai protein. Kolagen dapat membuat kulit sehat serta terjaga elastisitasnya.  

Vitamin C juga termasuk sumber sumber antioksidan yang dapat melawan adanya radikal bebas pada kulit serta memperbaiki jaringan ketika terdapat luka pada kulit. Manfaat buah duku selanjutnya adalah kandungan antioksidan alami lain, seperti vitamin A serta polifenol. Polifenol adalah zat kimia yang dapat ditemukan pada tanaman. Sebuah studi pada tahun 2009 dalam “Journal of Agricultural and Food Chemistry” menunjukkan hasil bahwa kandungan polifenol pada kulit dapat membantu kulit melawan efek buruk sinar matahari dan memperbarui sel kulit.

Share artikel ini:

Artikel Terkait