Mengenal Jenis-Jenis Soto di Indonesia

Keanekagaragaman suku dan budaya di Indonesia membuat jenis kuliner negara ini pun beragam. Mulai dari lauk-pauk hingga kudapan ringan, aneka kuliner tradisional ini memiliki citra rasa yang bervariasi. Bahkan, tidak jarang jenis kuliner kini telah menjadi ciri khas suatu daerah dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis ketika melakukan kunjungan wisata.

Sebagai contoh jenis kuliner yang jenisnya dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia adalah soto. Soto merupakan jenis masakan yang kuahnya dimasak tersendiri dahulu kemudian baru rangkaian isinya dimasukkan. Isi soto bervariasi, mulai dari daging sapi, ayam, telur, mie, atau sayuran.Yuk, cari tahu beberapa jenis kudapan lezat yang satu ini.

  1. Soto Bandung

Kudapan yang berasal dari kota kembang ini dikenal dengan kuahnya yang bening tanpa santan. Sebagai isi soto Bandung, Ibu perlu menyediakan lobak serta daging sapi. Jangan lupa untuk menggoreng kacang kedelai sebagai pelengkap sebelum disantap oleh keluarga. Kelezatan soto Bandung ini dapat Ibu coba bersama keluarga di sini.

  1. Soto Padang

Kuliner Minang sudah tidak bisa diragukan lagi kelezatannya. Aroma rempah-rempah yang kuat menjadi ciri khas masakan daerah ini. Pernahkah Ibu mencoba soto Padang? Soto ini dilengkapi potongan daging sapi serta perkedel kentang dan kerupuk kanji berwarna merah muda. Bagi Ibu yang penasaran dengan resep soto Padang, dapat dicek di sini, ya.

  1. Soto Yogyakarta

Siapa bilang Yogyakarta hanya memiliki gudeg serta bakpia sebagai kuliner lezatnya? Yogyakarta juga memiliki jenis soto yang terdiri dari ayam kampung, taoge, suun dan kol sebagai isinya.Bagi yang ingin sajian soto Yogyakarta semakin lengkap, Ibu dapat menambahkan perkedel kentang serta tahu tempe yang telah dibacem. Soto Yogyakarta yang bergizi dan nikmat ini dapat Ibu ketahui resepnya di sini.

  1. Soto Banjar

Soto Banjar merupakan makanan khas dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Soto Banjar merupakan jenis olahan soto yang tidak menggunakan kunyit dalam bumbunya. Soto ini disajikan dengan ayam sebagai isinya, ketupat, suun, dan telur ayam yang sudah direbus. Yuk, icip nikmatnya kuliner khas Kalimantan Selatan dengan membaca resepnya terlebih dahulu di sini.

  1. Soto bening Madura

Olahan soto bening Madura terkenal dengan kelezatan daging sapinya yang empuk dilengkapi pelengkap soto pada umumnya, seperti kentang, soun, kol, taoge, dan telur rebus. Warna kuning pada soto bening Madura ini berasal dari kunyit yang telah dibakar. Yuk, santap soto Madura berkuah bening bersama keluarga Ibu selagi hangat untuk menambah selera makan.

Share artikel ini:

Artikel Terkait