Mengenali Semut Jepang, Serangga Populer Untuk Kesehatan

Belakangan ini, manfaat semut jepang semakin populer di berbagai negara untuk membantu mengatasi penyakit diabetes. Ibu, sebelum membicarakan manfaat semut jepang bagi kesehatan manusia, mari kenali hewan ini lebih jauh.

Semut jepang sebenarnya bukanlah termasuk jenis serangga semut pada umumnya. Semut jepang yang dikenal dan kini banyak diperdagangkan di Indonesia sebenarnya merupakan salah satu kumbang tenebrionidae dan berasal dari genus ulomoides. Nama latin dari hewan ini adalah ulomoides dermestoides. Jadi, semut ini sebenarnya tidak memiliki keterkaitan dengan semut yang umumnya kita kenal pada kehidupan sehari-hari, yaitu jenis formicidae.

Secara fisik, semut jepang tidak menyerupai semut pada umumnya yang memiliki antena panjang, tubuh yang ramping dan panjang, sayap tumbuh di luar tubuh, serta hidup berkoloni. Sedangkan semut jepang memiliki ciri-ciri fisik di antaranya yaitu memiliki antena pendek pada bagian kepala, bentuk tubuh yang bulat dan padat, memiliki sayap di balik kerangka, serta hidupnya cenderung tidak berkoloni.

Semut jepang ternyata juga memiliki nama julukan lain, yaitu kumbang mekah. Dari segi kekerabatan, semut jepang cukup dekat dengan sitophilus oryzae (kutu beras) dan tenebrio molitor (ulat hongkong). Serangga ini banyak ditemukan di Amerika Selatan, Amerika Tengah, Asia Timur, Asia Tenggara, dan Eropa. Dengan demikian, semut jepang ini tidak berasal dari Jepang saja, namun juga dapat ditemukan di Indonesia.

Semut jepang ini dapat hidup serta berkembang biak dalam bahan pangan manusia, seperti beras, kacang-kacangan, dan juga serealia. Serangga ini banyak diternakkan karena banyak orang yang percaya dengan manfaat semut jepang untuk kesehatan. Ketika diternakan, semut jepang ini hanya membutuhkan media kapas yang telah diletakkan di atas wadah dan diberi pakan ragi.

Share artikel ini:

Artikel Terkait