@shutterstock
vote

Menyikapi Perbedaan Pendapat Dalam Keluarga

Perbedaan pendapat dalam keluarga tidak dapat dihindari begitu saja, malah sebaiknya dihadapi secara bijaksana

  • Rate Artikel ini

Setiap orang memiliki pendapat dan cara pandang tersendiri dalam menyikapi sesuatu hal. Berbeda pendapat adalah hal yang wajar, bahkan hal ini sering terjadi dalam suatu keluarga. Perbedaan pendapat dalam keluarga tidak dapat dihindari begitu saja, malah sebaiknya dihadapi secara bijaksana. Nah, berikut ini adalah cara menyikapi perbedaan pendapat dalam keluarga.

Menyelesaikan pertengkaran dengan pertemuan keluarga

Buatlah keluarga yang demokratis, terbuka dalam menyampaikan pendapat dan cara pandangnya. Namun, tetap dengan sikap yang baik dan menghargai anggota keluarga yang lain. Ajak semua anggota keluarga berkumpul dan mengobrol bersama untuk mengatasi pertengkaran yang terjadi. Dengan saling mendengarkan pendapat masing-masing tanpa emosi adalah cara yang bijaksana dalam menyikapinya perbedaan yang ada.

Cara menyampaikan pendapat dengan baik

Pertengkaran yang terjadi sebenarnya bukan disebabkan oleh perbedaan pendapat. Namun, cara penyampaian pendapat yang kurang tepat. Pada umumnya, seseorang tidak menyadari jika cara penyampaian pendapat yang kasar dan terkesan menyalahkan hanya akan memunculkan pertikaian. Oleh karena itu, dalam menyampaian pendapat perlu lebih berhati-hati dan lebih mementingkan perasaan anggota keluarga yang lain.

Saling menghargai pendapat anggota keluarga yang lain

Perlu disadari jika setiap orang memiliki kebebasan untuk berpendapat, dan ketika Anda tidak setuju bukan berarti pendapatnya salah bukan? Oleh karena itu, dalam sebuah keluarga diperlukan rasa saling menghargai agar segala macam perbedaan dapat teratasi dengan baik.

Setiap orang dilahirkan berbeda, lebih bijaksana jika Anda dan keluarga menyikapi perbedaan yang ada sebagai cara untuk saling melengkapi satu sama lain. Ciptakan keluarga yang saling menyayangi walaupun dalam perbedaan ya. Semoga menginspirasi.

 

Terbaru