Olahan Tepung Tapioka Khas Selera Indonesia

Ibu memiliki banyak tepung di dapur, yuk kenali jenis olahan yang dapat dibuat dari tepung yang ada tersebut. Jika terbiasa mengolah mayoritas menu dari tepung terigu, Ibu dapat mulai beralih ke jenis tepung yang lain, tapioka. Tapioka adalah pati dari umbi singkong yang dikeringkan dan dihaluskan. Oleh karena bahan dasarnya yang mudah ditemukan di Indonesia, olahan tepung tapioka dapat dengan mudah kita temukan pada kehidupan sehari-hari. Selain mudah ditemukan, tepung ini juga berdampak baik bagi kesehatan seperti menguatkan tulang, menyehatkan sistem pencernaan, serta meningkatkan energi. Apa sajakah olahan tepung tapioka khas selera Indonesia?

  1. Pempek

Olahan tepung tapioka yang sangat difavoritkan ini berasal dari Palembang. Pempek merupakan kudapan berbahan dasar ikan, misalnya ikan tenggiri, yang populer di berbagai daerah. Ciri khas yang lain adalah kuah cuka yang disiram di atas kudapan tersebut saat disajikan. Dengan kuah cuka tersebut, pempek memiliki cita rasa yang unik, yaitu asin, manis, asam, serta pedas. Untuk membuat pempek, aduk tepung terigu, air, garam, gula, serta bawang putih. Tambahkan minyak goreng, aduk, biarkan hingga dingin di dalam lemari es. Masukkan ikan tenggiri ke dalam ¾ adonan biang dan aduk rata. Terakhir, sebelum direbus, tambahkan tepung tapioka sambil dibentuk hingga adonan berubah mengeras.

  1. Biji salak

Biji salak merupakan makanan yang berbahan dasar ubi. Ubi, yang kaya betakaroten dan serat, diolah dengan bahan lain, seperti tepung sagu, tepung kanji, gula, serta daun pandan, dan santan sebagai pelengkapnya. Teksturnya yang kenyal serta rasanya yang manis menjadikan camilan ini cukup dikenal di Indonesia. Untuk membuatnya, Ibu cukup mengaduk tepung sagu dengan ubi yang sudah dikukus dan dihaluskan. Bentuk menjadi bola kecil. Kemudian, saring rebusan air, gula, dan daun pandan. Didihkan kembali air tersebut dan masukkan bola ubi. Terakhir, tuang larutan tapioka dan sisa ubi, didihkan hingga mengental. Resep lengkap untuk membuat olahan tepung tapioka ini dapat Ibu lihat di sini.

  1. Cireng

Cireng sebenarnya merupakan singkatan dari ‘aci digoreng’. Karena sifat tapioka, cireng memiliki tekstur yang cenderung kenyal. Walaupun umumnya tidak memiliki isian, cemilan ini tetap menjadi salah satu jenis gorengan yang banyak disukai. Untuk membuat cireng, tepung tapioka, terigu, dan air direbus hingga meletup-letup. Kemudian, tambahkan daun bawang, bawang putih, garam, merica dan kaldu ayam bubuk, aduk rata. Pindahkan adonan ke dalam baskom kemudian tambahkan tepung sagu secara perlahan-lahan dan diaduk hingga kalis. Bentuk adonan menjadi bulat pipih dan goreng ke dalam minyak panas.

Share artikel ini:

Artikel Terkait