vote

Perhatikan Jenis Daging untuk Hasil Rendang Terbaik

Tak dipungkiri kalau daging memang jadi primadona dalam menu masakan lebaran. Salah satu olahan berbahan daging sapi yang populer adalah rendang. Tapi tahukah ibu jika memasak rendang memiliki tingkat kerumitan tersendiri. Terutama soal kelembutan dagingnya.

  • Rate Artikel ini

Lebaran sebentar lagi. Masakan khas hari raya akan segera tersaji. Biasanya menu olahan daging menjadi salah satu tradisi masakan di rumah. Ibu pasti ingin menyajikan resep istimewa di hari spesial tersebut. Tak dipungkiri kalau daging memang jadi primadona dalam menu masakan lebaran. Salah satu olahan berbahan daging sapi yang populer adalah rendang. Tapi tahukah ibu jika memasak rendang memiliki tingkat kerumitan tersendiri. Terutama soal kelembutan dagingnya.

Biasanya ada kalanya hasil rendang buatan ibu terasa kurang nendang. Bisa jadi ini karena faktor cara masak rendang daging, sehingga menjadikan rasanya kurang lezat. Ya, memang kedua hal tersebut bisa saja terjadi. Namun mengempukkan daging ini, bisa ibu atasi dengan memperhatikan proses pemotongan serta merendamya dengan bantuan bahan lainnya.

Tapi ibu, selain cara masak rendang daging ada juga hal lain yang harus diperhatikan supaya hasilnya maksimal. Apa itu? Ya, tentunya pemilihan bahan dasar daging itu sendiri. ibu harus cermat dan paham betul mana daging yang bagus dijadikan rendang. Kesalahan memilih daging hanya akan menyebabkan rendang ibu jadi kenyal dan tak lezat.

Ada beberapa jenis daging yang harus ibu ketahui. Ada yang cocok untuk rendang, ada juga yang tak cocok. Menurut kutipan buku berjudul Rendang: Juara masakan terlezat dunia karya Budi Sutomo, bagian daging sapi yang cocok untuk dimasak rendang tidak boleh terlalu lunak karena akan mudah hancur ketika dimasak. Selain itu, daging seperti sandung lamur atau sengkel juga tidak cocok karena terlalu banyak mengandung lemak dan bersifat keras. Daging yang banyak terdapat lemak pun mudah menyusut karena sifat lemak yang mudah mencair saat dimasak dalam waktu lama. Jadi tak hanya soal cara masak rendang daging saja yang harus Ibu perhatikan, melainkan juga pastikan pemilihan daging itu sendiri agar dihasilkan olahan rendang terbaik untuk keluarga.

Artikel Terkait

Terbaru