vote

Ragam Kreasi Resep Sempol Malang

Sempol Malang disukai karena terbuat dari bahan-bahan yang mudah di temukan di pasar, seperti tepung terigu, tepung sagu, bawang putih, telur, daun bawang, dan daging. Bagi Ibu yang bingung dengan menu camilan si kecil, Ibu dapat mencoba kreasi resep sempol Malang di bawah ini.

  • Rate Artikel ini

Jajanan asal Malang yang satu ini terkenal dengan rasanya yang gurih dan nikmat. Walaupun tergolong baru, kudapan ini sudah banyak disukai oleh masyarakat. Selain karena ringan, sempol Malang juga terbuat dari bahan-bahan yang mudah di temukan di pasar, seperti tepung terigu, tepung sagu, bawang putih, telur, daun bawang, dan daging. Bagi Ibu yang bingung dengan menu camilan si kecil, Ibu dapat mencoba kreasi resep sempol Malang di bawah ini :

  1. Daging ayam

Seperti hidangan sempol yang dijual pada umumnya, sempol Malang isi ayam sangat tepat jika Ibu buat di rumah untuk menu camilan si Kecil. Persiapkan daging ayam yang sudah berbentuk fillet agar mempermudah saat dicincang dengan food processor atau blender. Psst, selain kedua alat tersebut, Ibu juga dapat menggunakan pisau tajam untuk mencincang daging ayam, cincang daging ayam dengan gerakan searah kemudian balikkan cincangan daging, dan terus cincang hingga halus. Selain harganya relatif lebih terjangkau, daging ayam juga kaya akan protein, lho!

  1. Daging sapi

Ingin rasa sempol Malang semakin gurih, Ibu dapat menambahkan alternatif daging sapi ke dalam resep sempol Malang. Namun, Ibu tetap perlu berhati-hati ketika membeli daging sapi sebelum digiling. Perhatikan kesegaran daging sapi, yang dapat Ibu lihat dari warna merah, tekstur kenyal, bau segar, serta tidak mengandung air terlalu banyak. Daging sapi yang tidak segar tentunya akan mempengaruhi nutrisi yang terkandung dalam sempol Malang.

  1. Ikan

Letak kota Malang yang tidak terlalu jauh dari laut membuat masyarakat lokalnya berinovasi terhadap kudapan yang satu ini. Daging ikan, yang banyak ditemukan oleh nelayan dari pantai di Malang Selatan dijadikan bahan utama sempol sebagai pengganti daging ayam. Cara membuat sempolnya tetap sama, tetapi ikan terlebih dahulu dipisahkan dari duri-durinya agar mempermudah pembentukan adonan. Tidak perlu diragukan lagi, sempol Malang dengan bahan utama daging ikan memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari daging sapi dan ayam.

  1. Sayuran

Si kecil enggan makan sayuran, Bu? Memasukkan sayuran, seperti wortel, buncis, brokoli, kembang kol untuk dicampurkan ke dalam adonan sempol Malang dapat dijadikan solusi yang tepat bagi si kecil yang pemilih ketika mengonsumsi makanan. Selain bentuk dan warnanya lebih menarik untuk si Kecil coba, ia pun juga tetap dapat memperoleh nutrisi dari sayuran dalam camilan sempol Malang yang Ibu buat.

Artikel Terkait

Terbaru