Rahasia Sukses Resep Martabak Tipker

Berbeda dengan bentuk martabak yang kita kenal pada umumnya, martabak tipis kering atau tipker memiliki bentuk yang hampir serupa dengan crepes. Keunggulan lain dari martabak tipis kering ini juga dapat disimpan lebih lama karena lebih kering serta minyaknya yang lebih sedikit.

Agar sukses dengan resep martabak tipis kering yang sesuai dengan keinginan Ibu, Ibu perlu mempersiapkan bahan-bahan, di antaranya tepung terigu, gula pasir, baking powder, telur ayam, air, vanili bubuk, garam, serta air.

Untuk membuatnya, Ibu dapat mengayak tepung terigu dan baking powder. Masukkan gula, kemudian aduk rata. Tambahkan telur yang sudah dikocok beserta vanili dan garam sebelum diaduk rata kembali. Sambil dikocok dengan kecepatan rendah sampai lembut, tuang air sedikit demi sedikit. Sebelum dimasak, diamkan adonan selama satu jam ya, Bu.

Setelah didiamkan, Ibu dapat menuangkan adonan ke dalam cetakan martabak manis yang sudah panas hingga rata dan tipis. Letakkan topping yang sesuai dengan selera Ibu dan keluarga.  Terakhir, lipat martabak menjadi dua.

Selain resep martabak di atas, Ibu juga perlu memperhatikan tempat membuat martabak tipis kering. Jika tidak ada cetakan martabak, gunakanlah wajan datar anti lengket, namun pilihlah yang ukuran alasnya tebal. Wajan anti lengket yang beralas tipis dapat membuat adonan martabak mudah gosong, namun tidak kering. Pada saat mencoba resep martabak pun, usahakan jangan terlalu lama saat meratakan adonan di wajan ya, Bu, sebab adonan tesebut dapat mengental dengan mudah serta mengering apabila terkena panas.

Share artikel ini:

Artikel Terkait