Resep Ayam Pop, Kenali Kudapan Ayam Bebas Kulit Ini Yuk!

Ibu mungkin menemukan banyak jenis olahan ayam pada rumah makan Minang, seperti ayam goreng, ayam bakar, atau gulai ayam, Tetapi, selain tiga varian ayam yang biasanya terdapat pada rumah makan Minang, salah satu jenis olahan ayam khas Minang lainnya adalah ayam pop.

Ayam pop adalah jenis olahan ayam berwarna putih, yang disajikan tanpa kulit ayam. Tampilannya memang pucat seperti tidak dibumbui, namun apabila dikonsumsi daging ayam pop akan terasa gurih dan lembut.

Ketika mencoba resep ayam pop ini, Ibu dapat mulai membuatnya dengan menguliti ayam dan membasahinya dengan air jeruk nipis selama 10 menit. Langkah selanjutnya adalah mencampur ayam dengan bawang putih halus serta garam selama 5 menit. Rebus serai, air dan ayam tersebut hingga ayam lunak. Apabila ayam telah lunak, Ibu dapat menggorengnya selama lima menit agar ayam tidak terlalu kering. Untuk sambalnya, cukup rebus tomat, cabe, bawang merah serta bawah putih. Apabila telah matang, tambahkan satu sdm air rebusan cabai, kemudian haluskan semua bahan tersebut.

Sebagai pelengkap, terdapat sambal giling untuk menemani resep ayam pop ini. Sambal giling ayam pop juga berbeda dari sambal yang ada di rumah makan Padang lainnya, seperti sambal hijau atau sambal merah. Sambal pada resep ayam pop ini tidak digoreng, melainkan direbus. 

Image source : Google

Share artikel ini:

Artikel Terkait