@shutterstock
vote

Selektif Memilih Asisten Rumah Tangga

Bisa saja memanfaatkan jasa asisten rumah tangga, tetapi Anda harus lebih selektif dalam memilihnya

  • Rate Artikel ini

Kesibukan yang padat terkadang membuat sebagian besar ibu rumah tangga kewalahan mengurus rumah. Agar ada yang membantu pekerjaan di rumah, bisa saja memanfaatkan jasa asisten rumah tangga. Namun, Anda harus lebih selektif ya dalam memilih asisten rumah tangga ini.

Dilansir dari Ubaedy, proses penyeleksian asisten rumah tangga sangatlah penting untuk menjaga keamanan anak dan kelangsungan rumah tangga sehari-hari. Berikut ini adalah hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih asisten rumah tangga. Simak baik-baik yuk.

Direkomendasikan oleh orang terdekat

Lebih baik, pilihlah asisten rumah tangga yang direkomendasikan oleh keluarga atau teman yang sudah Anda percaya. Dengan begitu Anda akan mengetahui latar belakang keluarga dan kinerja calon asisten rumah tangga Anda dengan lebih baik. Kemudian, akan lebih baik lagi jika Anda mengunjungi rumahnya. Dengan cara ini Anda akan mengetahui kesehariannya, keadaan rumah dan bagaimana dia mengasuh anak-anaknya.

Berpengalaman

Asisten rumah tangga yang berpengalaman lebih memiliki nilai plus. Mungkin Anda bisa menghubungi keluarga yang sebelumnya pernah menggunakan jasa asisten rumah tangga tersebut. Dengan mengetahui tentang kinerja dan riwayat pekerjaannya Anda bisa menilai dengan lebih bijaksana.

Memiliki cukup pengetahuan mengenai anak

Memiliki pengetahuan tentang anak adalah hal penting yang harus dimiliki seorang asisten rumah tangga. Pastikan calon asisten rumah tangga Anda memiliki pengetahuan tentang menu sehat untuk anak, jam istirahat anak dan alergi yang mungkin diderita anak.

Minta pendapat si kecil

Jika Anda sudah cukup yakin pada calon asisten rumah tangga yang Anda pilih, kini saatnya melihat apakah si kecil juga merasa cocok. Secara alami anak-anak memiliki kepekaan untuk merasakan kebaikan seseorang. Rasa alaminya yang sangat jujur ini bisa Anda manfaatkan untuk menyeleksi calon asisten rumah tangga Anda. Jika si kecil merasa tidak nyaman, lantas jangan dipaksakan ya.

Beberapa ulasan di atas bisa dicoba untuk menyeleksi calon asisten rumah tangga Anda. Ingatlah untuk selalu berhati-hati ya. Jangan sampai si kecil berada di tangan orang yang kurang tepat. Semoga bermanfaat.

 

Terbaru