vote

Semut Jepang Sebagai Alternatif Pengobatan Bagi Penderita Diabetes

Kian tingginya angka penderita diabetes di Indonesia membuat penderitanya berlomba-lomba mencari alternatif obat untuk menurunkan kadar gula darah. Dalam bidang kesehatan, ada terapi yang dilakukan bagi penderita diabetes, salah satunya insulin. Sebenarnya mencari pengobatan alternatif diperbolehkan. Namun, mencari tahu lebih jauh mengenai pengobatan alternatif merupakan hal yang perlu dilakukan agar dapat memastikan aman tidaknya teknik pengobatan tersebut bagi tubuh.

  • Rate Artikel ini

Menurut data International Diabetes Federation pada tahun 2013, terdapat 382 juta orang yang menderita penyakit Diabetes di dunia. Di Indonesia, pada tahun 2015, terdapat 10 juta kasus diabetes. Secara peringkat, Indonesia menempati posisi ke-5 sebagai negara dengan jumlah penderita diabetes tertinggi.

Kian tingginya angka penderita diabetes di Indonesia membuat penderitanya berlomba-lomba mencari alternatif obat untuk menurunkan kadar gula darah. Dalam bidang kesehatan, ada terapi yang dilakukan bagi penderita diabetes, salah satunya insulin. Sebenarnya mencari pengobatan alternatif diperbolehkan. Namun, mencari tahu lebih jauh mengenai pengobatan alternatif merupakan hal yang perlu dilakukan agar dapat memastikan aman tidaknya teknik pengobatan tersebut bagi tubuh. Baru-baru ini, manfaat semut jepang dipercaya mampu menjadi alternatif pengobatan diabetes.

Umumnya, tidak hanya semut jepang, berbagai macam obat alternatif lainnya juga perlu diuji klinis. Setelah itu, terdapat uji pembanding dengan kelompok yang diberi obat serta yang tidak. Obat pun juga perlu diuji kandungannya yang dianggap efektif. Kandungan tersebut juga perlu diteliti apabila membahayakan organ lain ataupun tidak.

Sayangnya, manfaat semut jepang yang dianggap mampu mengobati diabetes dan beberapa penyakit lainnya, seperti asma dan kanker, belum terbukti ampuh bagi manusia. Bahkan, mengganti obat diabetes dan beralih ke cara alternatif tersebut dapat dikatakan membahayakan kesehatan.

Dilansir dari website Universitas Gadjah Mada, kemungkinan yang terjadi ketika mengonsumsi semut jepang, pasien diabetes akan merasakan mual serta selera makan menurun. Dengan demikian, karena rasa mual dan enggan makan tersebut, kadar gula darah pasien akan menurun. Bagi penderita diabetes, daripada mengandalkan manfaat semut jepang, terapi insulin, menghindari stress, menjauhi alkohol, berolahraga teratur, tidur cukup, dan menjaga pola makan merupakan langkah-langkah yang perlu dilakukan agar gula darah tidak melonjak naik.

Artikel Terkait

Terbaru