@shutterstock
vote

Sendratari Ramayana Prambanan, Sarana Pengenalan Budaya Lewat Pertunjukan Kolosal

Salah satu wisata budaya yang cukup populer dan masih bertahan hingga dua puluh empat abad lamanya adalah Sendratari Ramayana Prambanan.

  • Rate Artikel ini

Indonesia memang tidak pernah habis popularitasnya dalam dunia wisata. Mulai keindahan alam yang elok hingga pagelaran budaya yang begitu memesona. Selain Bali, Yogyakarta merupakan daerah yang masih kental dengan wisata budayanya. Salah satu wisata budaya yang cukup populer dan masih bertahan hingga dua puluh empat abad lamanya adalah Sendratari Ramayana Prambanan.

Sendratari Ramayana merupakan serangkaian pertunjukan tarian kolosal yang dipentaskan secara rutin. Bukan sekadar tarian kolosal biasa, lebih dari itu Sendratari Ramayana adalah wujud perpaduan kesenian Jawa yang berupa tarian, drama dan musik yang ditampilkan secara megah di atas panggung. Sesuai dengan namanya, tarian kolosal ini juga berkisah tetang dongeng yang cukup melegenda, apalagi kalau bukan tentang Ramayana.

Berbeda dengan pagelaran Sendratari Ramayana yang ada di Yogyakarta dan Surakarta, Sendratari Ramayana Prambanan digelar lebih megah. Pemilihan Candi Prambanan sebagai pentasnya bukan semata karena candi Hindu, tetapi kisah tentang Ramayana sendiri terpahat dengan rapi di setiap bagian dinding Candi Prambanan.

Pagelaran ini pertama kali digelar paad 28 Juli 1961 dengan lokasi yang sama dengan sekarang, yaitu panggung terbuka di sebelah selatan Candi Prambanan. Dalam atraksinya tidak akan ditemukan dialog yang terucap dari para penari, hanya tembang yang dinyanyikan oleh para sinden sekaligus menggambarkan alur cerita. Uniknya, banyak atraksi yang ditampilkan seperti permainan bola api dan akrobat yang dilakukan oleh para penari.

Tata panggung yang megah dan pencahayaan yang super indah kian membuat Sendratari Ramayana Prambanan memukau setiap pasang mata yang melihatnya.Tidak heran bila akhirnya banyak turis baik lokal maupun internasional yang berdatangan. Cantiknya pertunjukan sarat budaya dan lihainya para penari kolosal dalam Sendratari Ramayana Prambanan dapat menjadi sarana edukasi yang perlu dikenalkan kepada si kecil. Bila berencana untuk berkunjung ke sana datanglah pada bulan Mei-Oktober, karena pada bulan itulah Sendratari Ramayana Prambanan digelar. Jadi, jangan sampai kelewatan ya.

Terbaru