5 Destinasi Liburan Keluarga yang Seru

Liburan keluarga tentu memerlukan persiapan yang berbeda karena jumlah ‘peserta’ yang lebih banyak dan usia yang berbeda-beda. Belum lagi seringkali setiap anggota keluarga memiliki kesukaan dan keinginan yang berbeda. Nah, karena itu saat memilih tempat liburan keluarga Ibu perlu memilih kota atau negara yang paling sesuai untuk dikunjungi bersama anggota keluarga. Ibu juga perlu mencari tahu terlebih dahulu mengenai tempat-tempat wisata apa saja di daerah tersebut yang seru untuk dikunjungi bersama keluarga.

Tak perlu jauh-jauh berlibur di luar negeri, Ibu bisa mengajak keluarga berlibur ke tempat-tempat menarik yang ada di Indonesia. Berikut ini adalah ide 5 tempat liburan keluarga populer di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi. Baca, yuk!

  • Kota Batu

Serunya wisata ke kota Batu adalah Ibu dan keluarga bisa sekaligus mengunjungi kota Malang. Ibu bisa memilih penerbangan ke Malang dan kemudian naik mobil ke Batu karena jaraknya yang cukup dekat. Tempat liburan keluarga di kota Batu adalah Batu Secret Zoo, Jatim Park, Museum Satwa, Museum Angkut, Museum Tubuh, Alun-alun Batu, Masjid Tiban, Kampung Warna-warni Jodipan, Pantai Sendiki dan lainnya. Jangan lupa untuk wisata kuliner di kota Malang yang terkenal dengan bakso bakar, cwie mie dan ronde.

 Gambar 1. Keindahan Kampung Warna-Warni yang wajib dikunjungi

  • Yogyakarta

Liburan keluarga ke Yogyakarta tak akan pernah kehabisan tempat tujuan. Mulai dari yang sudah menjadi ikon Yogyakarta seperti berkunjung ke Keraton, Taman Sari, Parangtritis, Candi Prambanan, Candi Borobudur dan Malioboro sampai mengunjungi tempat-tempat lainnya yang pasti menyenangkan bagi si Kecil seperti Taman Pintar, Museum Ullen Sentalu, dan main seluncur pasir di Gumuk Pasir. Selain itu, kini banyak tempat wisata populer yang perlu Ibu coba kunjungi saat ke Yogyakarta seperti wisata Desa Pujon Kidul, Pantai Nglambor, The World Landmarks Merapi Park dan hutan pinus Mangunan. Jangan lewatkan pula kesempatan mencicipi berbagai kuliner khas seperti gudeg, mangut, bakpia dan mengunjungi kios kopi dan gelato yang makin digemari di Yogyakarta.

Gambar 2. Candi Borobudur, spot foto yang menarik!

  • Belitung

Jika bermain air di pantai dan berenang di laut menjadi favorit Ibu dan keluarga, yuk berkunjung ke Belitung dan nikmati keindahan lautnya. Belitung adalah pilihan yang tepat untuk mengajak keluarga menikmati keindahan laut karena jarak yang cukup dekat antara pulau-pulaunya ketika Ibu melakukan island hopping dengan kapal. Selain itu keindahan terumbu karangnya juga bisa dinikmati tanpa harus menyelam jauh ke dalam. Di tempat tertentu bahkan sudah bisa dinikmati dari atas kapal saja.Ada banyak pulau dan pantai indah yang bisa dikunjungi, seperti Pantai Nyiur Melambai, Pantai Lengkuas, Pantai Tanjung Tinggi, Pulau Pasir, Pulau Batu Berlayar, dan lainnya. Tempat liburan keluarga lain di Belitung yang juga bisa dikunjungi adalah Museum Kata dan lokasi pembuatan film Laskar Pelangi.

Gambar 3. Tanjung Tinggi yang mempesona!

  • Bali

Bali selalu bisa memberikan aktivitas liburan yang menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga. Jika sudah bosan berkunjung ke sekitar Pantai Kuta dan Seminyak, Ibu bisa menjelajah tempat-tempat wisata lain di pulau bali sebagai tempat liburan keluarga kali ini. Misalnya menikmati keindahan Nusa Penida, Nusa Lembongan, Nusa Ceningan, melihat lumba-lumba di Pantai Lovina, menyaksikan tarian Kecak di Uluwatu, atau berpetualang di gunung batur atau di Hutan Monyet Ubud. Berenang di Waterbom Bali dan melihat aneka satwa di Taman Safari Bali juga pasti membuat si Kecil dan seluruh anggota keluarga gembira.

Gambar 4. Berpetualang di Gunung Batur

  • Makassar

Yuk, kunjungi pulau Sulawesi dan nikmati wisata Makassar sebagai tempat liburan keluarga kali ini. Ajak si Kecil mengunjungi berbagai tempat bersejarah yang menarik di sana seperti Benteng Rotterdam dan Museum Balla Lompoa. Selain itu Ibu dan keluarga juga bisa menikmati keindahan laut di Pantai Losari, Tanjung Bira dan Taman Laut Taka Bonerate, juga keindahan alam di Taman Nasional Bantimurung, Malino, Danau Tempe.

Gambar 5. Keindahan air terjun di Taman Nasional Bantimurung

Jadi, kira-kira mana tempat liburan yang akan dikunjungi Ibu dan keluarga? Jangan lupa untuk melibatkan anggota keluarga lainnya saat menentukan tempat liburan ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait