Film Inspiratif untuk Si Kecil

5 Film Indonesia Paling Inspiratif yang Perlu Ditonton Si Kecil

Siapa sangka film dapat menjadi salah satu media untuk memberikan inspirasi bagi si Kecil. Ada beberapa film karya anak bangsa yang dapat mengajarkannya nilai-nilai baik, seperti Petualangan Sherina, Denias, Laskar Pelangi, Tanah Surga Katanya, dan Negeri Lima Menara. Apa sih isi dan pelajaran yang bisa didapat dari film-film tersebut? Yuk simak resensi film di bawah ini.

Petualangan Sherina

Dengan tagline “Akankah kamu membantu musuhmu bila dia berada dalam bahaya?”, film ini mengajarkan arti persahabatan pada anak bahkan berbuat yang terbaik pada orang yang membenci kita. Bercerita tentang dua anak yang bermusuhan di sekolah, kemudian diculik, membuat mereka kenal lebih dekat dan akhirnya menjadi sahabat. Film musikal ini cocok ditonton oleh si Kecil karena menunjukkan sifat keberanian, kemauan untuk memaafkan, semangat kerjasama dan juga bagaimana bersikap baik kepada semua orang.

Laskar Pelangi

Film ini dipenuhi kisah tentang kalangan pinggiran, kisah perjuangan hidup menggapai mimpi yang mengharukan, serta keindahan persahabatan, dengan latar belakang Desa Gantung di Belotong Timur. Film ini diharapkan menginspirasi si Kecil untuk terus berjuang menggapai impiannya, seterjal apapun jalan yang dilalui, kalau dilakukan dengan sungguh-sungguh dapat tercapai juga.

Tanah Surga Katanya

Bercerita tentang kehidupan di perbatasan Indonesia dan Malaysia di wilayah Kalimantan, film ini menggambarkan kecintaan kepada tanah air Indonesia. Dihadapkan pada kondisi perbatasan yang kurang mendapat perhatian dari pemerintah dan jauh dari pembangunan, ada penduduk yang tidak tergiur akan kondisi lebih baik di Malaysia dan memilih tinggal di Indonesia. Film ini dapat memupuk kecintaan si Kecil terhadap tanah air dan menumbuhkan semangat membangun masa depan yang lebih baik.

Negeri Lima Menara

Film bercorak islami yang diangkat dari sebuah novel karya Ahmad Fuadi, yang bercerita mengenai perjuangan untuk menggapai sebuah impian. Mengusung sebuah kalimat “man jadda wajada”, yang berarti siapa yang bersungguh-sungguh pasti sukses, film ini mengajarkan si Kecil untuk terus berjuang dan tidak meremehkan impian setinggi apapun, karena Tuhan sungguh maha mendengar.

Denias, Negeri di Atas Awan

Film yang diangkat dari kisah nyata ini bercerita mengenai keteguhan hati seorang anak dari Papua yang pantang menyerah mengatasi segala rintangan, untuk mendapatkan pendidikan yang layak demi hidup yang lebih baik. Film yang ringan, mudah dicerna, dan bisa ditonton oleh si Kecil ini selain menyajikan keindahan alam Papua, juga mengajarkan betapa pentingnya sekolah dan pendidikan yang layak untuk bekal di masa depan.

Yuk, ajak si kecil menonton film-film ini bersama keluarga ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait