6 Ide Lomba Agustusan Seru Bersama Keluarga

Apa, sih, yang paling dinanti ketika hari kemerdekaan Indonesia tiba? Semua pasti setuju jika jawabannya adalah perayaan dengan berbagai lomba Agustusan yang seru dan menghibur. Kegiatan ini tentunya tak akan terlewatkan dan sudah menjadi tradisi turun-temurun bagi masyarakat Indonesia.

Bagaimana jika membawa perayaan tersebut ke rumah? Selain bisa menjadi cara yang tepat untuk melepas penat, sekaligus juga berguna sebagai quality time untuk mempererat hubungan seluruh keluarga. Beberapa ide lomba Agustusan modern berikut ini terinsipirasi dari beberapa permainan klasik yang tak pernah absen di setiap lomba Agustusan. Tak hanya seru dan unik, tapi tentunya bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

  1. Minum susu ala lomba kerupuk

Konsep lomba ini persis seperti lomba makan kerupuk. Nah, bedanya adalah alih-alih menggunakan kerupuk, lomba kali ini menggunakan susu. Tuang susu ke dalam wadah plastik kecil lalu ikat menggantung menyerupai kerupuk. Siapa pun yang lebih dahulu berhasil menghabiskan susu maka dialah pemenangnya. Atau sebagai alternatife, susu bisa dimasukkan kedalam botol dot bayi yang kemudian digantung. Seru bukan?

  1. Merias wajah dengan mata tertutup

Kemampuan Ibu dalam merias wajah mungkin tak perlu diragukan lagi. Tapi bagaimana dengan anggota keluarga yang lain? Lebih serunya lagi, bagaimana jika dilakukan dengan mata tertutup? Sudah pasti lomba yang satu ini akan jadi hiburan favorit seluruh keluarga.

  1. Sepeda lambat

Biasanya, lomba apapun dimenangkan oleh yang tercepat. Namun tidak dengan yang ini. Justru yang paling lambat adalah pemenangnya. Pesertanya harus mengendarai dan mengendalikan sepeda selambat-lambatnya tanpa terjatuh hingga ke garis finish. Bisa jadi ini adalah lomba tersulit sekaligus terlucu yang pernah dimainkan.

  1. Joget balon

Walau terdengar mudah, tapi lomba ini ternyata cukup menantang, lho. Dilakukan oleh dua peserta, di mana balon harus dalam keadaan terapit diantara kedua kepala peserta selama mereka berjoget. Walau balon mulai tergelicir, kedua peserta harus terus berjoget dan menjaga balon agar tidak jatuh ke tanah.

  1. Lomba mirip pahlawan kemerdekaan

Selain seru, lomba ini juga berguna untuk memperkenalkan pahlawan kemerdekaan Indonesia kepada generasi yang lebih muda. Nah, beberapa kriteria yang bisa digunakan untuk penilaian selain fisik dan kostum adalah sikap dan cara berbicara dari pahlawan yang ditiru. Seru dan mendidik, bukan?

  1. Tarik tambang di air

Ini juga merupakan salah satu lomba yang paling diminati. Serunya adalah lomba ini melibatkan peserta yang cukup banyak, jadi selain harus kuat juga harus kompak. Nah, agar memiliki sensasi yang berbeda, coba adakan lomba tarik tambang di kolam renang. Pasti akan jauh lebih sulit, namun tak kalah serunya.

Seru dan menarik bukan bu? Yuk ajak keluarga untuk memeriahkan hari Kemerdekaan Indonesia dengan berbagai acara seru sekaligus dapat mempererat hubungan dengan seluruh keluarga.

Share artikel ini:

Artikel Terkait