7 Cara Agar Anda Dipromosikan

Sudah bertahun-tahun mengabdikan diri pada suatu perusahaan, tapi Anda belum juga mendapatkan promosi jabatan. Sementara, rekan kerja Anda yang belum juga setahun bekerja di sana sudah mendapatkannya. Mengapa demikian? Bisa jadi penyebabnya ada dalam diri Anda. Nah, jika mendapatkan promosi jabatan adalah impian Anda, tujuh langkah berikut bisa membantu Anda mendapatkannya!

  1. Sedikit Bicara Banyak Bekerja
    Usahakan untuk tidak menunda-nunda pekerjaan atau tugas dan jangan terlalu banyak bicara untuk masalah yang tidak terlalu penting. Terlalu banyak bicara tanpa disertai tindakan yang nyata bisa membahayakan posisi Anda, dan hanya membuat atasan Anda memandang sebelah mata.
  2. Cepat, Tangkas, Cerdas
    Saat terjadi hal-hal tak terduga di tempat kerja, di saat itulah atasan akan melihat bagaimana cara Anda mengatasi segala masalah yang nantinya menjadi nilai plus bagi karir Anda. Bila waktu yang terbatas dan situasi yang panik tak sedikitpun menghalangi Anda untuk mengatasi masalah, ini akan menunjukkan betapa Anda mampu menganalisa dan menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat. Selesaikanlah masalah dengan sikap tenang dan tetap tersenyum. Langkah seperti ini akan memberikan kesan bahwa Anda tidak gentar terhadap “kejutan-kejutan” masalah yang berdatangan.
  3. Tunjukkan Insiatif Dan Tanggung Jawab
    Keinginan Anda mengemban tanggung jawab yang lebih besar membuat atasan, manajer, atau supervisor (penyelia) Anda terkesan. Tunjukkan pula inisiatif Anda dalam bertanya dan memberi saran yang juga merupakan nilai lebih. Kesediaan Anda untuk meluangkan waktu menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang selalu siap dalam segala situasi dan kondisi.
  4. Kemukakan Ide
    Jangan segan atau malu mengeluarkan ide dan pendapat. Keluarkan saja apa yang ingin Anda sampaikan. Ini lebih baik daripada Anda dinilai pasif dan kurang percaya diri oleh atasan. Asal disampaikan dengan baik dan situasinya tepat, dijamin ide atau pendapat Anda itu akan didengar dan dipertimbangkan. Kelebihan lainnya, Anda telah berada satu langkah lebih maju untuk meraih jenjang promosi dibanding rekan Anda yang lain.
  5. Tunjukkan Dan Buktikan
    Tunjukkan dan buktikan bahwa Anda punya kemajuan yang perlu diketahui. Misalnya, dengan menunjukkan laporan keuangan bahwa dengan analisa yang telah Anda buat, Anda mampu menaikkan total penjualan tahun lalu sebanyak 30 persen. Hanya mengungkapkannya lewat omongan belaka adalah hal yang sia-sia.
  6. Buatlah Strategi Pendekatan
    Dekatkan diri dan bergabunglah dengan orang-orang yang berpengaruh pada perjalanan karir Anda. Supaya tidak menyolok, Anda bisa mengambil tempat duduk berdampingan saat makan siang. Jika hubungan kedekatan Anda dengan mereka sudah terjalin, maka jangan heran jika Anda telah dianggap sebagai salah satu kalangan dekat yang secara otomatis ikut memperlancar jalan Anda. Tapi hati-hati, tetaplah pada prinsip “Jangan percaya siapapun”, karena tidak menutup kemungkinan orang yang Anda pilih justru akan menjadi penjegal karier Anda.
  7. Upayakan Promosi Terselubung.
    Kalau Anda sudah menyusun usaha dan strategi yang matang untuk mendapatkan jalur promosi, simpan dan rahasiakan baik-baik. Jangan sampai rencana ini terdengar orang lain. Kadang “pengumuman” untuk orang-orang bisa membuat runyam rencana Anda. Bisa-bisa malah Anda yang dimanfaatkan teman yang punya niat jahat.

BENARKAH WANITA LEBIH SULIT MENDAPATKAN PROMOSI?

Konon, wanita yang sudah mapan sekalipun tetap sulit mendapatkan promosi jabatan. Seandainya pun bisa maju, karirnya tidak akan melesat secepat pria. Benarkah demikian? Bagi yang mengalaminya, inilah solusi untuk Anda:

  • Coba deskripsikan apa yang selama ini menjadi masalah Anda di kantor. Lalu evaluasi diri, apakah selama ini Anda sudah bekerja secara maksimal? Dan apakah Anda sudah layak mendapatkan promosi dan penghargaan lebih dari yang Anda dapatkan sekarang?
  • Setelah selesai mengevaluasi diri, coba cari tahu apakah selama ini karir Anda terhambat karena perbedaan dan diskriminasi gender antara laki-laki dan perempuan ataukah ada sebab lain? Jika memang itu alasannya, cari informasi apakah ada rekan wanita di kantor Anda yang mengalami nasib sama dengan Anda.
  • Setelah semua informasi Anda dapatkan, catat semua nama rekan wanita yang nasibnya sama seperti Anda. Lalu catat pula nama rekan pria di kantor Anda yang karirnya lebih cepat menanjak dibanding rekan wanita yang lainnya. Jangan lupa catat semua informasi yang mendukung realitas tersebut agar Anda bisa membuktikannya.
  • Sebaiknya Anda diskusikan masalah ini dengan rekan wanita yang mengalami nasib serupa. Lalu buat kesepakatan apakah Anda ingin mengadukan masalah ini bersama-sama kepada atasan. Jika sebagian dari mereka tidak ingin memperpanjang masalah ini, tidak perlu dipaksa. Itu berarti mereka cukup puas dengan keadaan dan posisi yang diperolehnya sekarang. Tapi Anda bisa melanjutkan masalah ini atas nama Anda pribadi jika ingin.
  • Selanjutnya, lihatlah kondisi dan waktu, apakah tepat untuk membicarakannya dengan atasan. Bila Anda sudah merasa tepat, bicarakanlah dengan pihak yang terkait, disertai informasi, data, dan dokumen pendukung yang Anda peroleh. Mungkin saja atasan bisa mengerti dan memberi solusi. Tapi bila atasan tidak mau tahu dan Anda ingin terus memperkarakannya, sebaiknya Anda mengkonsultasikan masalah ini dengan lembaga yang berkaitan dengan masalah ini.

3 PENYEBAB PROMOSI SULIT DIRAIH

Berikut adalah tiga penyebab promosi sulit diraih:

  1. Manajemen Waktu Yang Buruk
    Jangan berharap karir akan melesat bila Anda tetap belum bisa menghilangkan kebiasaan buruk yang satu ini. Ini sangat merugikan dan menjadi nilai minus buat Anda, karena Anda telah dianggap kurang becus dalam menangani pekerjaan. Solusinya: Hilangkan kebiasaan menunda. Bertanyalah pada diri sendiri, apakah Anda penyebabnya? Mungkin Anda terlalu santai dalam bekerja sehingga banyak pekerjaan terbengkalai dan akhirnya harus diambil alih oleh atasan Anda.
  2. Tidak Bisa Bekerja Dalam Tim
    Meski Anda terbilang pintar dan punya segudang prestasi, bukan berarti itu menjadi modal yang cukup untuk bisa mendapatkan promosi jabatan. Perlu Anda tahu, penilaian dalam dunia kerja tidak hanya dilihat dari prestasi individu saja, melainkan juga secara tim. Jika Anda tidak bisa bekerjasama dengan rekan yang lain, maka atasan Anda pasti akan berpikir dua kali untuk mempromosikan Anda. Solusinya: Percaya diri dan selalu berusaha menjaga hubungan baik dengan sesama rekan kerja. Komunikasi, interaksi, dan koordinasi merupakan tiga kunci utama dalam menjaga keharmonisan bekerja dalam tim.
  3. Stamina Yang Bermasalah
    Jika kondisi fisik Anda lemah dan mudah terserang penyakit, maka jangan harap Anda bisa mendapat promosi. Apalagi jika selama ini Anda terkenal sering tidak masuk kantor karena sakit. Solusinya: Jaga selalu kondisi badan Anda. Perhatikan makanan yang dikonsumsi. Bila perlu, manfaatkan hari libur untuk beristirahat semaksimal mungkin.

(PT. Nestlé Indonesia bekerja sama dengan Hers Magazine)

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait