8 Tip Belanja Online

Belanja melalui internet atau yang populer disebut sebagai online shopping kini sedang marak. Alasannya sederhana, belanja online menghemat waktu dan uang. Sebelum belanja, baca dulu tip dari kami agar tidak salah melangkah.

  1. Selalu gunakan koneksi internet yang terpercaya saat melakukan transaksi.
    Situs yang terpercaya pasti memiliki teknologi untuk melindungi data yang dikirim pembeli saat bertransaksi. Teknologi ini dikenal dengan nama SSL (Secure Socket Layer) atau SET (Secure Electronic Transmission). Cara mengetahuinya mudah saja, Anda cukup mencari ikon kecil berbentuk gembok pada bagian bawah layar komputer ketika sedang mengakses internet. Ingin tahu cara yang lebih mudah? Periksa saja alamat situs yang sedang anda kunjungi. Situs tersebut diawali dengan “https”.
  2. Bertransaksilah dengan perusahaan yang sudah Anda kenal (bukan perusahaan fiktif).
    Pastikan situs yang Anda kunjungi bukanlah situs fiktif. Pertama dengan memastikan bahwa alamat yang tercantum bukan sekadar kode pos tapi juga alamat lengkap perusahaan. Lihat juga apakah situs tersebut mencantumkan logo TRUSTe atau Better Business Bureau Online. Keduanya merupakan organisasi internasional yang melindungi kepentingan konsumen belanja online.

    Jika Anda akan berbelanja dari situs yang belum pernah Anda dengar sebelumnya, coba lakukan riset sendiri. Cari tahu kelebihan atau kekurangan dari situs-situs belanja online di bizrate.com atau epinions.com.

  3. Bandingkan situs yang ada.
    Jika Anda sudah menentukan pilihan pada satu produk, jangan terburu-buru membelinya, bandingkan dulu harganya dengan situs lain yang sejenis. Ada cara mudah untuk melakukannya. Cukup kunjungi pricegrabber.com atau smarter.com untuk melihat perbandingan harga barang yang sama dari situs-situs yang berbeda.
  4. Bersikap skeptis.
    Anda patut curiga jika ada penawaran yang kelihatan begitu menggiurkan. Jika Anda memiliki kecurigaan akan penipuan, hubungi nomor telepon situs tersebut dan bertanyalah dengan detil. Jika situs itu tidak mencantumkan nomor telepon, maka Anda sebaiknya tidak bertransaksi di sana.
  5. Perhatikan biaya pengiriman.
    Biaya pengiriman sering kali membuat total harga barang yang Anda beli menjadi jauh lebih mahal ketimbang membeli langsung di toko. Jadi perhatikan betul berapa besar biaya yang harus Anda keluarkan untuk pengiriman barang.
  6. Perlindungan terhadap informasi data pribadi.
    Semua situs terpercaya pasti akan mencantumkan kebijakan mengenai perlindungan data pribadi Anda atau privacy policy. Baca dengan baik kebijakan tersebut dan jika ada hal-hal yang tidak Anda setujui, jangan berbelanja di sana. Kalaupun akhirnya Anda telah memilih satu situs, jangan memberikan infomasi lebih dari yang diminta.
  7. Baca kebijakan pengembalian barang dan uang.
    Bagaimana jika Anda ingin mengembalikan barang yang sudah dibeli karena merasa kurang cocok atau ada kerusakan? Berapa lama waktu yang diberikan untuk kebijakan penukaran barang? Apakah ada garansi uang Anda akan kembali? Situs yang baik akan memberikan informasi ini dan tidak menyembunyikannya.
  8. Cetak bukti pemesanan dan simpan dengan baik.
    Setelah Anda melakukan pemesanan, akan tampak detil transaksi pada layar komputer. Cetaklah bukti pemesanan tersebut dan simpan dengan baik.

(PT. Nestlé Indonesia bekerja sama dengan Parents Indonesia)

Share artikel ini:

Artikel Terkait