Anda termasuk Tipe Pink atau Tipe Biru?

Ada dua tipe dalam gaya berbisnis dan bekerja, tipe pink dan tipe biru. Masing-masing karakter mempunyai kelebihan dan kekurangan. Yang mana dan seperti apa gaya Anda? Cari tahu jawabannya di sini.

Ada dua perbedaan, cara yang digunakan orang untuk berbisnis dan bekerja. Pertama adalah tipe pink, yang lebih menekankan pada hubungan dengan orang lain. Kedua, tipe biru, yang lebih berorientasi pada tugas atau kegiatan bisnis yang dilakukan.

Tipe Pink
Seorang Tipe Pink adalah orang yang ingin mengenal lebih akrab, mereka yang akan ia ajak bekerja sama sebelum mulai berbisnis. Baginya, hobi, makanan kesukaan orang yang ia ajak berbisnis itu adalah hal-hal penting yang perlu ia ketahui. Biasanya, orang-orang tipe ini akan berkomentar soal cuaca hari ini, memuji tas atau sepatu Anda sebelum ia memulai pembicaran soal pekerjaan.

Hal Positif dari Tipe Pink

  • Cara berbisnis atau berhubungan dengan rekan kerja dan atasan bisa membantu menyelesaikan masalah dengan baik.
  • Bisa mendapatkan lebih banyak orang untuk dimintai bantuan saat mengalami masalah dalam pekerjaan.
  • Merasa senang dan berarti karena bisa membantu orang lain.
  • Selalu merasa nyaman bekerja dengan teman-teman, bawahan, dan atasan di tempat kerja sehingga mudah bekerja sama dengan mereka.

Hal Kurang Menyenangkan dari Tipe Pink

  • Sering merasa sungkan atau serba salah saat harus melakukan sesuatu yang berkaitan dengan orang lain.
  • Terlalu sering berkorban demi menyenangkan orang lain.
  • Orang-orang yang sukses bergerak di dunia bisnis umumnya adalah para Tipe Biru. Akibatnya, si pink harus bergaya biru meskipun hal itu bukan dirinya. Terkadang hal ini sering membuat mereka tertekan.
  • Bisa mengalami kesulitan untuk fokus pada pekerjaan secara profesional karena menghabiskan waktu dan energinya untuk memikirkan reaksi orang lain pada setiap langkah yang ia ambil.

Tipe Biru
Orang-orang bertipe biru adalah kebalikan dari para pink. Mereka memprioritaskan apa yang disebut tugas dan selalu memisahkan hubungan emosional dalam urusan pekerjaan. Keteraturan sangat penting bagi mereka, dan mereka selalu ingin tahu apakah orang yang akan ia ajak bekerja sama bisa cocok dengan planning yang sudah ia susun.

Saat memulai pembicaraan bisnis, mereka mengawalinya dengan cerita tentang prestasi yang sudah mereka capai dalam pekerjaan. Orang-orang dengan tipe biru ini menghargai hubungan bisnis dan menjalin relasi yang baik, namun tetap menganggap kesuksesan mereka adalah usaha mereka sendiri, bukan karena orang lain.

Hal Positif dari Tipe Biru

  • Perempuan bertipe biru, bisa konsisten dalam menjalankan urusan pekerjaan sehingga lebih mudah berhubungan dengan para pria.
  • Cenderung lebih menekankan pentingnya dihargai, dibanding diperhatikan orang lain. Ini membantunya untuk lebih mudah mencapai sukses di tempat kerja.

Hal Kurang Menyenangkan dari Tipe Biru

  • Selalu berpikir bahwa bekerja keras secara efisien adalah satu-satunya yang bisa membantunya untuk maju. Karena itu, menjalin relasi atau jaringan kerja (network) tidak dianggapnya sebagai sesuatu yang juga penting.
  • Aturan “normal” tentang konsep feminin yang berlaku di masyarakat berlawanan dengan gaya si biru. Karena itulah ia akan lebih banyak mendapatkan kritik pedas, dan banyak ditakuti oleh para Tipe Pink.

(PT. Nestlé Indonesia bekerja sama dengan www.hersmagz.com)

Share artikel ini:

Artikel Terkait