Aneka Nasi Campur Nusantara

Nasi campur adalah hidangan yang umum dikenal di Indonesia. Hidangan ini disebut nasi campur karena terdiri dari nasi dan berbagai lauk pauk yang lengkap dalam satu piring. Sering juga dijual dengan dibungkus kertas dan daun pisang, disatukan antara nasi dan semua lauk tadi, sehingga ketika bungkusan dibuka nasi jadi ‘tercampur’ dengan aneka lauk yang menyertainya.

Ada berbagai variasi nasi campur dari berbagai wilayah di Indonesia. Misalnya di Jawa Tengah nasi campur biasanya dikenal sebagai nasi rames dan banyak dijual di kios-kios di tepi jalan atau di Cirebon ada nasi lengko yang juga termasuk nasi campur, atau nasi kucing di Yogyakarta yang merupakan nasi campur dalam porsi yang kecil.

Ibu juga bisa membuat nasi campur sendiri di rumah, lho. Karena nasi campur memang mudah dibuat dan pas untuk dijadikan menu makan siang. Yuk, cari tahu berbagi lauk yang disajikan dalam aneka nasi campur nusantara agar Ibu dapat mencoba membuatnya di rumah.

 

  • Nasi Bali

       

           Gambar 1. Nasi Bali ala Sahabat Nestlé

Salah satu nasi campur yang paling terkenal mungkin adalah nasi campur Bali. Aroma segar cabai dan daun jeruk purut menjadi ciri khas nasi racikan dari pulau dewata ini. Lauk yang terdapat dalam nasi campur Bali biasanya adalah sate lilit, urap, telur pindang atau balado dan sambal matah. Ingin mencoba membuatnya? Ibu bisa intip resep Nasi Bali ini.

  • Nasi Rames

                       Gambar 2. Nasi Rames

Nasi campur yang satu ini tentu Ibu sudah tahu, bukan? Menu yang sering jadi pilihan saat makan siang di tempat bekerja. Tentunya, Ibu juga bisa mencoba membuat sendiri nasi rames untuk dijadikan bekal makan siang di tempat kerja. Lauk yang biasanya disertakan untuk menu nasi rames adalah bihun goreng, tempe orek, telur dadar, ayam suir, kerupuk dan sambal. Semuanya adalah menu sederhana yang memang sering Ibu buat di rumah, bukan?

  • Nasi Bogana

     Gambar 3. Nasi Bogana Khas Tegal ala Sahabat Nestlé

Nasi Bogana adalah nasi campur atau rames yang berasal dari Tegal. Terdiri dari nasi putih, opor ayam, telur pindang, oseng tempe buncis dan sambal yang kemudian dibungkus dengan daun pisang. Racikan nasi campur gaya tegal ini juga digemari sebagai menu ketika menggelar acara karena isinya yang komplet dan penyajiannya yang praktis. Yuk, lihat resepnya di sini dan coba membuatnya sendiri untuk menu makan siang keluarga Ibu.

  • Nasi Lengko

                        Gambar 4. Nasi Lengko

Nasi campur khas dari Cirebon adalah nasi lengko yang terdiri dari nasi putih, tempe, tahu, mentimun, tauge, daun kucai, taburan bawang goreng dan bumbu rujak. Kunci dari menyiapkan nasi lengko adalah sambalnya yang khas. Untuk membuat sambal ini Ibu membutuhkan kacang tanah, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah, air dan garam secukupnya. Pertama Ibu perlu menggoreng kacang tanah sampai kecoklatan, kemudian juga menggoreng bahan-bahan lainnya dan kemudian dihaluskan.

 

  • Nasi Ulam Jakarta

    Gambar 5. Nasi Ulam Jakarta ala Sahabat Nestlé 

Nasi campur yang satu ini adalah hidangan khas Jakarta. Seperti juga nasi campur lainnya, dalam nasi ulam terdapat nasi putih dan aneka lauk mulai dari telur dadar, cumi, semur tahu tempe, perkedel dan dendeng. Yang menjadi khas dari nasi ulam adalah terdapat taburan bubuk kacang, kelapa, atau ebi di atas nasi. Lihat resep nasi ulam di sini jika Ibu ingin mencoba membuatnya ya, Bu.

Menarik bukan inspirasi menu nasi campur diatas? Ketika menyediakan lauk untuk nasi campur, pastikan sudah memenuhi kebutuhan gizi seimbang harian untuk tubuh ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait