©shutterstock

Asal Muasal Perayaan Hari Ibu 22 Desember di Indonesia

Pada tanggal 22 Desember seluruh masyarakat Indonesia merayakan Hari Ibu sebagai wujud penghargaan dan kasih sayang pada Ibu tersayang. Tapi, tahukah Anda asal muasal dari hari Ibu tersebut? Simak ulasannya berikut ini ya.

Hari Ibu awalnya muncul di Amerika Serikat, lalu diadopsi oleh negara-negara lain yang telah disesuaikan dengan budaya masing-masing sehingga dirayakan pada tanggal dan cara yang berbeda. Di Indonesia sendiri, Hari Ibu banyak mengandung makna sejarah, filsafat dan budaya yang diawali dengan Hari Kongres Perempuan Indonesia yang diadakan pada 22-26 Desember 1982 di Yogyakarta.

Kongres ini menyerukan perbaikan akses wanita terhadap pendidikan dan hak-hak wanita lainnya. Tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai Hari Ibu yang diputuskan pada Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938. bahkan, Presiden Soekarno menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu dalam Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959.

Hari Ibu diperingati untuk mengungkapkan rasa sayang dan penghargaan kepada para Ibu. Ibu, adalah seseorang yang sangat berperan terhadap masa depan si kecil, yang tentunya juga masa depan bangsa Indonesia kelak. Tanpa jasanya yang luar biasa, tidak akan ada generasi cemerlang untuk bangsa. Hari Ibu ini sekaligus mengingatkan kepada seluruh anak di Indonesia tentang kasih Ibu yang tak terhingga.

Begitulah awal mula ditetapkannya Hari Ibu di Indonesia. Yuk, ikut memeriahkan dan merayakan Hari Ibu dengan mengungkapkan rasa terima kasih dan sayang kepada Ibu masing-masing di rumah. Selamat Hari Ibu ya, para Ibu-Ibu Indonesia!

Share artikel ini:

Artikel Terkait