Barang-barang Hobi Tetap "Bersinar"

Meski hobi, tak berarti barang-barang favorit Anda dibiarkan begitu saja. Apalagi barang-barang yang sudah ”berumur alias vintage collection”, penanganannya harus ekstra hati-hati.

Dari hobi bisa menghasilkan, ini sudah terbukti. Dari hobi, Anda juga dapat mengumpulkan massa dan membentuk sebuah komunitas. Seperti hobi motret, pengkoleksi CD, DVD hingga memburu aksesori. Jika barang-barang yang Anda punya tak dijaga, sungguh disayangkan. Barang-barang tersebut bisa menjadi ”harta karun” di kemudian hari.

Karena itu, perawatan yang maksimal dan penyimpanan yang benar sangat diperlukan. Seperti apa? Coba cek kiat berikut.

  • Tak perlu sampai memburu hingga ke tempat yang jauh Cuma untuk mencari wadah tempat buat barang-barang koleksi Anda. Karena sebenarnya barang tersebut ada di rumah Anda.
  • Langkah pertama, bersihkan barang-barang Anda dari debu. Untuk kamera pocket, pakailah kain pembersih yang lembut. Gunakan obat khusus untuk membersihkannya. Angin-anginkan sebentar hingga kering. Ketika sudah benar-benar bersih, masukkan ke dalam casing yang tersedia.
  • Begitupun untuk CD dan DVD. Cek kepingannya. Bersihkan dengan kain lembut untuk menghindarikepingan CD atau DVD Anda tergores. Perhatikan, jangan menyentuh optik tengahnya dengan tangan Anda. Kemudian, masukkan ke dalam tempat CD.
  • Untuk aksesori pun tak beda jauh. Bersihkan dengan lap bersih, plus kuas kecil untuk bagian-bagian dalam.
  • Tips untuk CD atau DVD dan aksesori agar mudah dicari: Cobalah untuk mengkategorinya berdasarkan apa yang Anda tahu. Tempelkan label yang sesuai dengan isinya di bagian luar CD case, misalnya ”DVD Kawinan”, ”CD Lagu Indonesia”. Penamaan yang spesifik pun bisa dicoba, seperti ”CD Lagu Indonesia era 70an”. Hal ini pun bisa diterapkan untuk aksesori Anda, misalnya ”Mutiara”, ”Kayu”, ”Tembaga”, atau berdasarkan daerah asal aksesori, seperti ”China”, ”Rusia”, ”Lombok”, dll. Jadi, Anda tetap mudah mencari barang-barang yang ada di dalamnya. Dan terlihat lebih rapi, bukan?

(PT. Nestlé Indonesia bekerja sama dengan Tupperware Indonesia)

Share artikel ini:

Artikel Terkait