©shutterstock

Candy Science, Proyek Sederhana Ajak Si Kecil Berpikir Ilmiah

Masih saja ada orang yang menganggap semua hal yang berbau ilmiah identik dengan hal yang rumit. Dalam benak mereka sains selalu berhubungan dengan proses berhitung, rumus yang rumit dan eksperimen yang mendalam. Hal ini tak lepas dari pengaruh sains-fiksi yang sering digambarkan dalam film atau sinema anak-anak. Kenyataannya, sains bukanlah sesuatu yang sulit untuk dipelajari. Jika Anda sadar, segala hal yang ada di sekitar berhubungan langsung dengan sains.

Lewat proyek candy scince, Anda bisa langsung mengajarkan sains pada si kecil.

Membuat Marshmallow tenggelam
Tak pernah ada yang menduga jika gulali ini bisa tenggelam dalam air. Selain bentuknya yang kenyal, tampilan marshmallow memang seolah menguatkan jika permen mengapung dalam air. Realitasnya, dengan percobaan sederhana, marshmallow dapat ditenggelamkan. Laburi marshmallow dengan tepung maizena hingga rata, celupkan dalam air dan tunggu 5-10 menit sampai akhirnya tenggelam. Buat dua percobaan dengan menggunakan gelas berisikan air yang sama. Masukkan pada gelas yang satunya dengan marshmallow biasa, mintalah si kecil untuk memperhatikannya.

Membuat permen melayang-layang
Bukan melayang di udara melainkan melayang naik turun dalam segelas air. Sediakan beberapa permen yang bisa dibuat suitan. Masukkan dalam segelas air soda. Amati selama 5 menit. Permen tersebut akan naik turun alias melayang-layang dalam air. Ini akibat gas karbondioksida mengeluarkan gelembung dan mengangkat permen ke permukaan. Sebaliknya, saat gelembung mulai menghilang permen akan tenggelam kembali. Begitu seterusnya, hingga karbondioksida habis.

Membuat permen jeli membesar
Percobaan yang ini tidak kalah menarik. Anda bisa menunjukkan kepada si kecil bagaimana sebuah permen jeli berbentuk cacing dapat membesar. Padahal bukan cacing sungguhan. Masukkan beberapa permen gummy ke dalam mangkuk yang berisikan air. Tunggu kisaran 2 jam sampai 2 hari. Jangan kaget jika permen tersebut kini semakin besar. Permen jenis ini bayak mengandung gelatin. Molekul protein ini dapat mengikat H2O atau air, sehingga bisa menyerap air lebih banyak dan membuat permen terus mengembang.

Bagaimana, cukup mudah dan tidak sulit kan?

Share artikel ini:

Artikel Terkait