Cara Mudah Mengenalkan Sejarah Indonesia Merdeka kepada si Kecil

Belajar sejarah Indonesia merdeka sering kali terasa membosankan bagi si Kecil. Padahal, mengenal sejarah negeri sendiri penting, lho. Selain sebagai pengetahuan, dengan belajar mengenai sejarah si Kecil dapat belajar untuk berpikir kritis, menumbuhkan apresiasi dan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia, belajar mengenai konsep waktu, mengajarkan nilai toleransi, moral, intelektual dan masih banyak lagi.

Indonesia mempunyai sejarah yang panjang, yang jika disampaikan dengan cara yang tepat dapat menjadi menarik bagi si Kecil. Mulai dari sejarah Indonesia sebelum merdeka, sejarah Indonesia melawan penjajah, sampai sejarah Indonesia setelah merdeka. Karena belajar mengenai sejarah sebenarnya tak sebatas di sekolah saja, Ayah dan Ibu dapat membantu si Kecil dalam memahami pelajaran sejarah dan juga dapat memperkaya pengetahuan sejarah si Kecil melalu berbagai kegiatan yang seru dan menyenangkan. Berikut ini adalah beberapa ide aktivitas yang dapat Ibu lakukan bersama si Kecil untuk belajar sejarah Indoensia merdeka.

1. Belajar sejarah melalui dongeng

Mendongeng atau membacakan buku cerita perjuangan kemerdekaan adalah cara paling mudah yang dapat Ibu lakukan untuk memperkenalkan sejarah Indonesia kepada si Kecil. Melalui cerita, suatu peristiwa sejarah dapat disampaikan dengan cara yang menarik bagi si Kecil. Ibu juga dapat memperkenalkan tokoh bersejarah melalui cara ini. Nah, ketika bercerita mengenai seorang pahlawan nasional, sampaikan pula sifat-sifat baik apa yang ia miliki dan jasanya bagi bangsa Indonesia.

2. Berkunjung ke tempat bersejarah

Mengunjungi tempat bersejarah dan juga museum adalah cara yang baik untuk mengajarkan sejarah pada si Kecil. Di tempat ini ia bisa melihat langsung bukti peninggalan sejarah dan bukan sekedar mendengar ceritanya saja. Menggunakan jasa guide dapat membantu si Kecil belajar lebih banyak mengenai tempat bersejarah atau museum tersebut lho, Bu. Selain itu, sebaiknya sebelum berkunjung Ibu sampaikan dulu sekilas mengenai tempat bersejarah tersebut sehinga si Kecil tertarik.

3. Belajar sejarah dengan uang

Si Kecil mungkin sudah tau mengenai nominal uang kertas yang ia miliki, tetapi belum tentu ia tau mengenai pahlawan nasional yang gambarnya ada di uang tersebut. Yuk, diskusikan bersama si Kecil mengenai pahlawan nasional pada lembaran uang Rupiah kita, siap mereka dana apa saja jasanya bagi bangsa Indonesia. Kemudian, Ibu juga bisa membahas pahlawan-pahlawan yang terdapat di lembar mata uang terdahulu.

4. Membuat buku sejarah

Yuk, ajak si Kecil membuat buku kecil mengenai satu momen bersejarah atau satu orang pahlawan nasional. Ia bisa memilih yang berkaitan dengan apa yang sedang ia pelajari di sekolah sehingga aktivitas ini dapat membantu proses belajarnya. Minta ia mencari informasi sebanyak-banyaknya dari buku maupun internet kemudian mencatat poin-poin penting yang hendak ia masukkan ke dalam bukunya itu. Si Kecil kemudian dapat menghias buku tersebut dengan gambarnya sendiri atau mencetak foto yang ia dapat dari internet untuk ditempel ke dalam bukunya. Dengan cara ini juga Ibu mendukung si Kecil mengasah kreativitasnya dalam membuat sebuah karya seni.

Yuk Bu, kenalkan sejarah Indonesia merdeka sejak dini kepada si Kecil agar kelak ia menjadi pribadi yang cinta dan berbakti kepada tanah air Indonesia.

Share artikel ini:

Artikel Terkait