Kerja Keras Penting, Asal Tak Berlebihan

Usaha keras memang sangat dibutuhkan untuk mencapai suatu tujuan. Tanpa usaha yang sungguh-sungguh, mustahil kiranya jika apa yang Anda inginkan menjadi tercapai. Kerja keras bisa diterapkan dalam segala aspek kegiatan. Meski begitu, kerja keras juga memiliki batasan agar tidak sampai kebablasan. Sebab, bekerja berlebihan juga memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan.

 

Bagaimana tidak, saat orang bekerja dengan terlalu keras dia akan lupa dengan banyak hal. Termasuk yang sering terjadi adalah lupa makan dan juga minum yang cukup. Jika hal ini sering terjadi, maka tubuh akan mengalami banyak kekurangan zat gizi. Akibatnya, tubuh akan menjadi lebih lemas dan mudah mengalami berbagai gangguan penyakit.

 

Tidak sampai di sini saja, bekerja terlalu berlebihan juga akan berdampak pada gaya hidup yang tidak sehat. Anda akan lupa dengan mandi, mengganti baju atau mungkin tidak menghiraukan tentang kebersihan lingkungan sekitar. Tubuh Anda akan menjadi kumal dan tampilan Anda kurang baik untuk diperhatikan. Tak menutup kemungkinan pula, orang-orang akan menjauhi Anda.

 

Meski begitu, bekerja berlebihan juga terkadang bukan tanpa sebab yang jelas. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah tekanan atau tuntunan hidup yang besar. Banyaknya kebutuhan hidup yang harus dicukupi juga akan membuat sebagian orang harus bekerja dengan keras pada akhirnya berlebihan. Faktor yang lainnya adalah kecintaan pada pekerjaan tersebut.

 

Beberapa pekerjaan memang bermula dari passion maupun hobi yang digemari oleh seseorang. Maka tak heran, jika mereka begitu mencurahkan waktunya pada pekerjaan tersebut. Contoh mudah yang bisa diamati adalah pelukis. Dengan mengatasnamakan dirinya sebagai seniman, orang-orang yang memiliki profesi seperti ini sering melupakan hal-hal lain yang merupakan kewajiban. Baginya, hidup hanya untuk pekerjaan saja, padahal, dengan pengaturan waktu yang baik, semua pekerjaan sebenarnya bisa dilakukan sesuai dengan porsi waktu yang sudah ditentukan.

Share artikel ini:

Artikel Terkait