©shutterstock

Kreasi Lucu Berbahan Flanel

Kain flanel memang serbaguna. Di balik warnanya yang beraneka ragam dan teksturnya yang kasar, ada banyak kerajinan tangan yang bisa dibuat dari kain ini. Perlengkapan yang dibutuhkan juga murah dan mudah di dapat. Sebut saja gunting, benang, warna-warni, jarum, lem, gunting, dan dakron untuk membuat kerajinan flanel terlihat menggembung seperti bantal. Berikut beberapa kreasi yang bisa dibuat sendiri bareng si Kecil di rumah, simak ya!

Boneka

Untuk membuat boneka, Anda harus menggambar terlebih dulu. Kalau ingin membuat boneka beruang, buatlah  pola pada dua lembar kain flanel yang berwarna sama. Setelah itu, gunting sesuai pola dan jahit setengah bagiannya menggunakan benang. Masukkan dakron untuk membuatnya menggembung dan empuk lalu jahit lagi hingga semua lubangnya tertutup. Buatlah bulatan kecil dari kain flanel yang warnanya beda. Gunting, kemudian tempelkan sebagai mata dan hiasan lainnya. Mudah bukan?

Jepit Rambut

Jepit rambut dari kain flanel akan membuat si kecil makin lucu saat memakainya. Untuk membuatnya, pertama-tama Anda harus menyiapkan jepit rambut polos terlebih dulu. Setelah itu, potong dua lembar kain flanel menjadi bentuk bintang kecil. Jahit setengahnya, dan masukkan dakron untuk memunculkan kesan tiga dimensi. Lanjutkan lagi menjahitnya sampai selesai. Panaskan lem stik, oleskan ke ujung jepitan. Rekatkan bintang di sana dan jadi deh! Jepit bintang lucu ini spesial untuk si putri kecil yang cantik jelita.

Gantungan Kunci

Proses membuat gantungan kunci hampir sama dengan dua cara tadi. Buat gambar, potong, jahit setengahnya, masukkan dakron, tutup sampai rapat. Yang membedakan hanyalah, Anda harus memasang gantungan kunci supaya bisa dikaitkan di tas. Caranya, setelah mendapatkan pola, jahit tali tebal di atasnya. Buat melengkung agar gantungan kunci bisa dikaitkan. Setelah itu lanjutkan prosesnya hingga jadi gantungan kunci yang lucu-lucu.

Dompet

Membuat dompet perlu ukuran dan ketepatan. Anda harus memotong kain sesuai dengan ukuran agar bisa menyatu dengan yang lainnya. Jika sudah dapat pola yang pas, rekatkan dengan benang yang memiliki warna berlawanan. Hiasi dengan pita untuk tampilan yang lebih bagus.

Membuat kerajinan flanel bisa menjadi alternatif kegiatan untuk menghabiskan waktu bersama si Kecil. Selain itu, aktivitas ini juga mengasyikkan dan kreatifitas si Kecil jadi terasah. Selamat berkreasi ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait