©shutterstock

Kreasi Unik Dari CD Bekas

CD bekas menjadi sampah yang sulit diuraikan saat dibuang. Daripada mencemari lingkungan, sulap CD bekas tersebut menjadi kreasi unik bersama si Kecil sambil menanamkan sifat cinta lingkungan sejak dini. Sentuhan kreasinya akan membuat hasil prakarya ini menjadi unik. Akan tetapi tetap waspada menjaganya dari tahapan yang melibatkan menggunting ya untuk mencegah risiko jari si Kecil terluka. Yuk buat beberapa kreasi yang bisa dihasilkan dari CD bekas.

Ikan Warna-warni

Siapkan 2 CD bekas, kertas warna-warni, mata mainan, lem, dan manik-manik. Satukan 2 CD bekas pada bagian yang buram sehingga sisi yang mengkilap ada di luar dan terlihat, tunggu sampai kering.  Mintalah si Kecil untuk menggambar sirip, ekor, dan bibir ikan pada kertas warna-warni. Setelah itu gunting bagian yang sudah digambar tersebut lalu tempelkan pada CD yang sudah dilem. Tempelkan juga mata mainan, dan manik-manik sebagai sisik ikan. Gantunglah hasil karya ini menggunakan seuntai tali. Bisa juga digunakan untuk menghias kamar anak lho.

Jam Dinding

Gunakan sebuah CD bekas, spidol permanen, mesin jam, kertas warna-warni, lem, dan gunting. Ajak anak untuk menuliskan angka 1 hingga 12 pada kertas warna-warni, lalu gunting dan tempelkan pada CD sesuai urutan angka pada jam. Pasang mesin jam menggunakan lem dan posisikan poros jam pada lingkaran dalam CD, tunggu hingga lem mengering. Kreasi jam buatan sendiri sudah selesai dan siap digunakan.

Lampu UFO

Untuk prakarya yang satu ini, dibutuhkan 2 CD bekas, bola pingpong, spidol warna warni, fitting lampu kecil dan lampunya, kabel secukupnya, lem, dan gunting. Pertama lem CD dengan sisi mengkilap di bagian luar, tunggu hingga lem mengering. Potong bola ping-pong menjadi dua bagian yang sama kemudian lubangi salah satunya. Mintalah si Kecil mewarnainya dengan sesuka hati. Setelah selesai, pasang lampu beserta kabel pada potongan bola ping-pong yang dilubangi. Lem potongan bola di lubang tengah CD, masing-masing di atas dan bawah. Gantunglah lampu tersebut di kamar, lalu nyalakan. Wah, seru juga melihat hasil akhirnya!

Tidak perlu menghabiskan banyak biaya dan waktu untuk mengubah CD bekas menjadi hasil karya yang menarik. Tunggu apalagi, buat bersama si Kecil yuk.

Share artikel ini:

Artikel Terkait