Lebih Indah Saat Lebaran

Kami mengundang tim Imelda Akmal Architecture Writer untuk membantu memberikan kiat menata ulang rumah untuk menyambut hari yang fitri.

Kesenangan menyambut Lebaran bukan hanya soal keberhasilan menyelesaikan bulan Ramadhan dengan baik. Mendekorasi dan menata ulang rumah akan menjadi tantangan dan kesenangan sendiri. Orang yang biasanya enggan membenahi rumah pun akan berusaha mengubah penampilan rumahnya menjadi lebih rapi dan indah.

Perubahan apa saja yang dapat Anda lakukan menyambut tamu di hari Raya ini? Tim Imelda Akmal Architecture Writer menyarankan beberapa perubahan yang mudah namun tetap keren.

  • Ruang Tamu.
    • Pelapis Sofa. Anda dapat mengganti pelapis sofa ruang tamu dan sarung bantal dengan pelapis dan sarung bantal yang lebih istimewa.
    • Cat Dinding. Cat ulanglah sebagian atau sebagian ruang tamu Anda. Perlu diingat, hal ini bisa dilakukan bila dana yang tersedia memang mencukupi.
    • Simbol Ruang. Pilihlah simbol hari raya yang akan Anda tampilkan sebagai ornamen dekoratif dalam ruang seperti ketupat, kubah masjid, warna hijau dan lainnya.
    • Artwork. Tambahkan artwork atau pernik yang berhubungan dengan hari raya, seperti lukisan kaligrafi (ini saat yang tepat mengeluarkan lukisan kaligrafi yang mungkin selama ini tergeletak di gudang ), vas bunga putih yang dapat melambangkan kesucian hati, Anda juga dapat juga menaruh beberapa toples unik berisi aneka kue identik dengan Hari Raya Idul Fitri.
    • Hiasi meja konsol di rumah Anda dengan bunga segar. Ungkapan bahwa bunga dapat mengubah ruang secara instan memang benar adanya.
    • Ubah tata letak furnitur. Perubahan tata letak akan membawa suasana segar pada tampilan ruang.
  • Ruang Makan
    Selain sajian makanan yang tentunya berbeda dari hari biasa, Anda dapat juga membuat suatu perubahan interior ruang makan sehingga acara jamuan makan hari raya lebih terkesan.
    • Pilih konsep jamuan. Perhitungkan juga lokasi tempat menjamu tamu: indoor atau outdoor; jenis jamuan: formal atau informal; pilihan cara peletakan hidangan: prasmanan atau duduk/lesehan; hitung jumlah tamu: sesuaikan dengan luas ruang makan Anda.
    • Gunakan piranti makan yang berbeda dari piranti makan sehari-hari. Bila Anda memiliki seperangkat piranti makan warisan nenek atau ibu Anda, momen seperti ini merupakan saat yang tepat untuk menunjukkannya kepada tamu.
    • Perhatikan menu hidangan yang akan Anda sajikan. Sesuaikanlah dengan tatanan meja dengan konsep yang Anda pakai.
    • Jangan lupakan bunga! Kehadiran bunga segar pasti akan memancarkan suasana yang lain di rumah Anda.
    • Hadirkan nuansa Hari Raya dengan kehadiran elemen-elemen hari raya. Rangkaian kulit ketupat kosong berbagai berukuran yang dapat diletakkan di dinding, pintu masuk, dapat menjadi penguat kesan Lebaran.

Buket Memeriahkan Suasana
Sekian banyak jenis bunga yang ada di pasar bunga, dapat diaplikasikan menjadi rangkaian yang memikat. Rangkaian bunga atau dikenal juga dengan istilah buket pada dasarnya sekumpulan bunga dan daun yang dirangkai dalam suatu medium tertentu hingga membentuk sebuah harmoni yang enak dilihat. Kunci utama mengatur buket adalah lokasi penempatan dan penyesuaian dengan gaya interior rumah. Rumah gaya minimalis akan lebih apik menampilkan buket dengan gaya kontemporer dibandingkan dengan gaya klasik atau tradisional.

Untuk wadah buket, Anda dapat memakai vas gelas, mangkuk, pot dan wadah. Pakai wadah dari kaca karena tangkai bunga dan daun yang terendam air akan terlihat dengan jelas dari luar. Jangan terpaku pada wadah khusus bunga. Kreatif dan jelilah dalam memilih wadah rangkaian. Coba lihat barang bekas di rumah Anda, siapa tahu ada barang bekas yang dapat diubah menjadi wadah yang cantik dan unik.

Tip memilih bunga potong :

  1. Perhatikan kondisi kelopak bunga. Pastikan terlihat segar.
  2. Setiap daun mahkota bunga harus dalam keadaan baik.
  3. Jika Anda mencari bunga yang agak sulit ditemui di pasaran atau yang agak langka, jangan ragu untuk memesannya di toko atau supplier bunga.
  4. Dana Anda terbatas? Jangan khawatir. Beli satu-dua tangkai bunga saja. Setangkai bung mawar dalam vas tinggi bermulut kecil sudah mampu mengubah suasana ruang Anda menjadi lebih berwarna.

(PT. Nestlé Indonesia bekerja sama dengan Parents Indonesia)

Share artikel ini:

Artikel Terkait