Lima Hal Perlu Dilakukan agar Selalu Sehat Ketika Liburan

Umumnya, jalan-jalan kerap menjadi alasan seseorang untuk tidak menjaga makanan yang dikonsumsi dan melewatkan olahraga. Namun sesungguhnya hal ini salah, karena Ibu harus tetap menjaga kesehatan agar tidak malah sakit dan liburan jadi tidak menyenangkan.

Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan agar tetap sehat saat travelling:

Hindari sarapan yang mengandung banyak gula

Karbohidrat memang bisa meningkatkan kandungan gula darah dalam waktu singkat sehingga Ibu lebih bertenaga. Namun jumlah gula yang berlebih bisa menyebabkan rasa kantuk yang berbahaya jika Ibu menyetir kendaraan saat liburan. Selain itu, diabetes dan segala komplikasinya pun jadi ancaman. Pilihlah sarapan kaya serat, seperti oat, buah, atau sereal yang rendah gula, agar Ibu bertenaga untuk waktu yang cukup.

Rajin minum air putih

Meski sedang liburan, jangan pernah lupa meminum setidaknya delapan gelas air dalam sehari. Ibu dapat mengawali minum air putih di pagi hari, yang bermanfaat membuang racun dan membersihkan sistem pencernaan. Tambahkan madu dan lemon tiap pagi untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga : Persiapan Penting Sebelum Traveling

Jaga pola tidur

Ibu harus pintar mengatur itinerary. Padatkan semua daftar tempat yang harus dikunjungi, dan jangan berpesta terlalu larut malam. Pastikan Ibu memiliki waktu tidur yang cukup agar bisa bangun dalam keadaan bugar.

Selalu pakai tabir surya

Kelihatannya sepele, namun sesungguhnya tabir surya sangat bermanfaat untuk mencegah efek negatif yang ditimbulkan sinar matahari. Saat berlibur, Ibu pasti harus sering berada di luar ruangan. Meski tidak terpapar langsung, namun ada sinar ultra violet tak kasat mata yang bisa menyebabkan berbagai iritasi pada kulit, bahkan kanker kulit, jika Ibu membiarkan kulit tidak dilengkapi pelindung.

Sempatkan olahraga

Liburan kok olahraga? Ini tidak dapat ditawar. Liburan memang waktunya untuk santai, bermalas-malasan, namun kesehatan tetap penting. Ibu tidak harus pergi ke tempat gym. Cukup lakukan peregangan, sedikit jogging atau jalan jalan bisa menjadi pilihan olahraga saat bangun tidur di pagi hari.

Share artikel ini:

Artikel Terkait