Menjaga Silaturahmi Meski Tak Mudik

Pulang ke kampung halaman di hari raya alias mudik, seolah sudah menjadi agenda wajib tahunan bagi kita. Berkumpul bersama kerabat dalam suasana khas di kampung halaman memang merupakan kebahagiaan tersendiri, apalagi sembari menyantap berbagai hidangan yang jarang kita temui sehari-hari.

Namun adakalanya keterbatasan waktu maupun efisiensi biaya membuat kita tak selalu bisa berlebaran di kampung halaman setiap tahun. Bila hal ini terjadi, tak perlu khawatir bahwa tali silaturahmi Anda dengan keluarga di kampung halaman akan terputus. Memanfaatkan kemajuan teknologi dan sedikit kreativitas, Lebaran Anda akan sama bermaknanya.

Kedekatan Virtual
Secara fisik mungkin Anda berjauhan dengan kerabat di kampung halaman, tapi kemajuan teknologi memungkinkan Anda untuk tetap "dekat" dengan mereka secara virtual. Apalagi harga teknologi ini relatif murah, dan hanya memerlukan perangkat yang sudah dimiliki banyak orang seperti ponsel atau komputer.

Jika dahulu Anda hanya bisa berkirim pesan tertulis via telegram atau surat dan bertukar suara lewat telepon, kini teknologi memungkinkan Anda mengirim foto atau bahkan video via telepon. Buat sebuah "film pendek", dimana Anda sekeluarga satu persatu mengucapkan selamat hari raya dan harapan bagi orang tua, kakek-nenek, kakak-adik, juga keponakan.

Manfaatkan pula teknologi webcam untuk memuaskan rasa rindu pada orang-orang terkasih yang berada jauh dari Anda. Dengan teknologi ini Anda dapat bercakap dan berinteraksi secara langsung dengan orang yang Anda ajak bicara. Anda juga dapat langsung melihat suasana silaturahmi yang tengah berlangsung di kampung halaman. Minta kerabat mengaktifkan webcam saat acara kumpul keluarga berlangsung, sehingga Anda dapat melihat dan berinteraksi langsung dengan kerabat yang mungkin jarang Anda temui. Cara ini dijamin membuat Anda tak "kehilangan" momen penting dan menyenangkan ini.

Tunjukkan Rasa Cinta
Meski tak bisa hadir secara fisik di dekat kerabat, banyak cara menunjukkan kepedulian pada mereka. "Wakilkan" kehadiran Anda dengan bingkisan yang menunjukkan rasa cinta Anda.

Tak harus selalu berisi makanan, pilih barang yang memiliki nilai pribadi dan sesuai dengan kebutuhan orang yang Anda tuju. Untuk orang tua Anda, kirim foto Anda sekeluarga dalam bingkai yang apik untuk mengobati kerinduan mereka terhadap anak dan cucu. Untuk adik atau kakak Anda, kirim tas atau sepatu yang mereka idamkan. Untuk para keponakan, DVD film atau games terbaru pasti disambut dengan senang hati.

Buat Kejutan
Mendapatkan kejutan menyenangkan pasti membuat orang antusias. Jadi saat Anda tak bisa hadir di tengah keluarga besar saat Lebaran, kirimkan kejutan tanpa sepengetahuan mereka. Pesan kue atau bunga dari hotel, bakery atau florist di kampung halaman, lalu minta mereka mengirim ke rumah kerabat saat Lebaran. Hal tersebut kini mungkin dilakukan, dengan pembayaran via kartu kredit. Cara lain, buatkan reservasi untuk makan bersama di resto favorit seluruh keluarga, dan minta pihak restoran memberi tahu keluarga Anda sehari sebelumnya. Kejutan yang pasti disambut dengan senang hati!

Share artikel ini:

Artikel Terkait