Si Kecil Hendak Mengikuti Karnaval Kemerdekaan? Yuk Simak 4 Tips ini!

Untuk merayakan Hari Kemerdekaan, banyak sekolah yang mengadakan karnaval 17 Agustus. Acara ini biasanya diramaikan dengan pawai sepeda hias, pawai anak-anak mengenakan kostum ala kemerdekaan dan diikuti dengan berbagai lomba.

Apakah tahun ini si Kecil akan berpartisipasi dalam karnaval 17 Agustus di sekolahnya? Jika iya, mungkin saat ini Ibu sedang menyiapkan kostum atau menghias sepedanya, bukan? Mengikuti karnaval 17 Agustus bukan hanya soal tampil dengan kostum paling bagus atau mengendarai sepeda dengan hiasan terkeren lho, Bu. Tetapi juga bagaimana si Kecil dapat mengambil pelajaran dari proses persiapan karnaval kemerdekaan tersebut, bagaimana nantinya ia bisa tampil percaya diri dan bagaimana ia serta Ibu dapat merayakan Hari Kemerdekaan sambil bersenang-senang bersama. Nah, untuk menghemat biaya dan mengasah kreativitas si Kecil, ibu bisa lho memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di rumah. Mau mencobanya? Simak tips berikut ya, Bu.

  1. Buat rancangan bersama si Kecil

Perlu Ibu ingat, karnaval ini adalah acaranya si Kecil. Jadi, libatkan ia mulai dari mencari ide kostum maupun hiasan sepeda. Tanyakan pada si Kecil kostum kemerdekaan apa yang ingin ia pakai dan bagaimana sepedanya ingin dihias. Ajak ia menggambar rancangan kostum dan sepeda hias dengan bebas. Diskusikan kira-kira bahan apa saja yang ia butuhkan untuk rancangannya itu.

  1. Browsing di internet

Untuk kostum kemerdekaan, diskusikan dengan si Kecil kalau kostum ini tak sebatas kostum tantara saja. Kaitkan dengan sejarah perjuangan Indonesia yang sudah ia pelajari di sekolah. Lalu ajak si Kecil mencari tahu melalui buku atau internet mengenai pakaian tokoh-tokoh tertentu yang menarik baginya.

  1. Cari kostum yang bisa digunakan dari isi lemari Ibu dan si Kecil

Jika si Kecil sudah tau kostum apa yang ingin ia pakai, ajak si Kecil memeriksa lemari di rumah untuk mencari pakaian apa yang bisa dimanfaatkan sebagai kostum. Pakaian milik Ayah dan Ibu juga bisa digunakan, lho.

  1. Manfaatkan barang-barang di rumah

Rumah Ibu penuh barang-barang yang dapat dimanfaatkan untuk berkreasi, jadi mengapa harus beli lagi? Mulai dari koran, majalah, kertas kado, kertas lipat, kain bekas, pita dan berbagai kemasan. Kardus bekas selalu bisa dimanfaatkan untuk berkreasi, mulai dari kardus kemasan makanan sampai kardus ukuran besar. Untuk melengkapi kostum si Kecil, Ibu dapat memanfaatkan kardus bekas kemasan. Misalnya, jika si Kecil ingin mengenakan kostum Bung Hatta, Ibu dapat memanfaatkan kardus untuk digunting menjadi kacamata Bung Hatta.

Untuk menghias sepeda, Ibu dan si Kecil akan membutuhkan kardus dalam ukuran besar. Misalnya untuk menghias sepeda si Kecil agar terlihat seperti mobil atau pesawat terbang. Agar mudah menghiasnya, sebaiknya Ibu membalik kardus yang digunakan sehingga bagian polos yang terlihat di luar. Cara ini juga akan memudahkan saat Ibu dan si Kecil hendak menghias dengan menggunakan cat poster atau cat akrilik.

Apapun kostum dan hiasan yang hendak dibuat, tak perlu merasa hasilnya harus sempurna ya, Bu. Biarkan si Kecil berkreasi menggunakan bahan yang ia inginkan dan tugas Ibu hanya memfasilitasi. Ibu dapat mengarahkan dengan mengajukan beberapa usul jika ide si Kecil tak memungkinkan untuk dibuat. Jangan lupa untuk memberi pujian atas karyanya agar ia tampil percaya diri di karnaval kemerdekaan nanti ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait