Si Kecil Malas Mengikuti Kerja Bakti di Sekolah? Ajarkan 5 Manfaat Penting Ini Bu!

Selain dilakukan di lingkungan perumahan kita, biasanya juga ada kerja bakti di lingkungan sekolah. Saat memasuki usia Sekolah Dasar, maka si Kecil akan mulai belajar ikut kerja bakti. Kerja bakti di sekolah biasanya diadakan di akhir tahun ajaran dimana si Kecil diminta untuk membersihakan kelas yang selama setahun ini sudah ia pakai untuk belajar. Saat kerja bakti di sekolah, si Kecil akan diminta membawa peralatan bebersih seperti sapu, lap dan sebagainya dan kemudian membersihkan kelas bersama teman-temannya. Selain kegiatan semacam ini, kegiatan sehari-hari seperti secara berkelompok bergiliran membersihkan kelas sepulang sekolah pun termasuk kegiatan kerja bakti di sekolah.

Nah, agar si Kecil bersemangat dalam aktivitas kerja bakti di sekolah yang manapun, Ibu dapat mengajaknya berdiskusi mengenai manfaat dari kerja bakti berikut ini.

  1. Belajar bekerjasama

Bekerjasama dengan baik adalah kemampuan yang penting untuk dimiliki si Kecil. Bekerjasama meliputi pembagian tugas dan komitmen dalam menjalankan tugas yang diberikan. Bekerja bersama-sama membersihakan kelas bukan berarti setiap orang melakukan tugas yang sama, bukan? Si Kecil dapat belajar membagi tugas baik dalam membawa perlengkapan pembersih dan dalam aktivitas kerja bakti itu sendiri sehingga tugas setiap orang menjadi lebih ringan.

  1. Pekerjaan jadi cepat selesai

Inti dari kerja bakti adalah bekerja bersama-sama. Nah, pekerjaan membersihkan kelas atau lingkungan sekolah tentu akan lebih cepat jika dikerjaan oleh banyak orang. Minta si Kecil bandingkan ketika ia membereskan mainannya sendiri dengan juka dibantu oleh Ibu, yang mana yang lebih cepat selesai?

  1. Kelas dan lingkungan sekolah menjadi bersih

Dengan kerja bakti membersihkan kelas ataupun lingkungan sekolah, tentunya kelas dan sekolah menjadi bersih, sehat dan nyaman untuk aktivitas belajar.

  1. Belajar bertanggung jawab

Kerja bakti yang dilakukan dalam bentuk piket harian membersihkan kelas atau sebagai aktivitas besar yang melibatkan seluruh warga sekolah akan mengajarkan sikap tanggung jawab. Si Kecil akan dapat belajar bahwa dirinya sebagai bagian dari warga sekolah yang menggunkan sarana sekolah harus turut bertanggung jawab menjaga kebersihan kelas dan sekolah.

  1. Belajar bersosialisasi

Saat kerja bakti di lingkungan sekolah si Kecil akan berinteraksi dengan teman-temannya, adik atau kakak kelasnya, guru-guru dan staf sekolah lainnya. Ia akan dapat belajar bagaimana meminta tolong, menawarkan bantuan dan berkomunikasi soal pembagian tugas.

Ternyata banyak ya, manfaat kerja bakti di sekolah yang bisa Ibu sampaikan kepada si Kecil. Nah, selain di sekolah, kerja bakti juga bisa dilakukan di rumah kita sendiri, lho. Misalnya dengan mengajak seluruh anggota keluarga bersama-sama membersihkan rumah di akhir pekan. Coba yuk, Bu!

Share artikel ini:

Artikel Terkait