Siap Tampil Modis dan Nyaman di Hari Lebaran

Begitu banyak varian baju Lebaran yang bisa Ibu pilih, baik untuk Ibu sendiri maupun untuk seluruh anggota keluarga. Untuk mendapatkannya pun bukan lagi menjadi kendala yang besar, selain tersedia di berbagai pusat perbelanjaan favorit, toko online dan brand lokal pun kini semakin merajalela, menjadikan “perburuan” baju lebaran ini semakin seru dan menarik. Lalu, jenis pakaian apa saja, sih, yang menjadi trend baju Lebaran di tahun 2018 ini? 

  1. Kaftan

Gambar 1. Busana Kaftan

Beberapa tahun belakangan ini, kaftan sepertinya menjadi busana favorit di hari Lebaran. Kaftan memiliki siluet longgar tanpa adanya potongan lengan, jika dibuka bentuknya menyerupai sebuah kotak panjang. Busana asal Persia ini awalnya hanya polos dan tak memiliki hiasan. Kini begitu banyak inovasi kaftan modern, seperti kerutan dan draperi, menjadikannya lebih stylish dan modis.

 

  1. Gamis

Secara sekelebat, gamis memang tampak sama saja seperti kaftan, namun jika dipandang lebih seksama akan terlihat bedanya. Tak seperti kaftan yang berpotongan lurus, gamis memiliki siluet yang sedikit mengikuti bentuk tubuh. Meskipun begitu, potongannya tetaplah longgar, sehingga tetap terasa nyaman dan sangat cocok dikenakan di hari Lebaran.

 

  1. Abaya

Gambar 2. Busana Abaya

Seperti halnya gamis, abaya juga berasal dari Timur Tengah. Bentuknya kurang lebih menyerupai kaftan, seperti jubah panjang dengan siluet yang longgar, namun bedanya abaya memiliki potongan untuk lengan. Bordir, manik-manik dan permainan motif biasanya menjadi aksen tambahan yang dipilih oleh penggemar abaya.

 

  1. Tunik

Gambar 3. Busana Tunik

Satu lagi yang menjadi favorit di hari Lebaran sejak dulu. Tunik memiliki siluet longgar yang sedikit mengikuti bentuk tubuh dan memiliki panjang yang bervariasi, ada yang sampai lutut, ada juga yang hanya sebatas pinggul. Tunik bisa dikenakan dengan celana panjang maupun dikombinasikan dengan rok atau kain. Perkembangannya di dunia mode sangatlah pesat, dari mulai model hingga bahan dan aksen yang digunakan, menjadikannya pilihan yang aman bagi yang berhijab maupun yang tidak. 

 

  1. Kebaya

Gambar 5. Busana Kebaya 

 

Kebaya memang identik dengan acara yang lebih formal, seperti pernikahan, namun beberapa model kebaya bisa menjadi alternatif gaya busana untuk hari Lebaran. Kebaya model kutubaru atau encim misalnya. Jika tak ingin mengenakan kain, coba padukan dengan celana atau kulot. Terlihat lebih casual dan modern, namun tetap santun dan cantik.

 

Untuk mempermudah Ibu dalam memilih dan membeli baju Lebaran nanti, ikuti juga beberapa tips berikut ini:

  1. Kenali tipe tubuh. Bentuk tubuh kita berbeda-beda, jadi tak semua jenis pakaian pasti akan cocok untuk kita kenakan. Pilih jenis pakaian yang paling sesuai dengan tubuh dan tak usah ragu untuk mencobanya sebelum membeli.
  2. Pilih bahan yang tepat. Rutinitas acara Lebaran biasanya bisa memakan waktu seharian penuh, jadi pastikan bahan pakaian yang Ibu pilih tidak mudah kusut, ringan dan tidak panas. Untuk mengakali kusut, Ibu juga bisa memilih pakaian bermotif.
  3. Kenakan aksesori secukupnya. Selain terlalu ramai, memakai asesoris yang berlebihan juga bisa mengganggu mobilitas Ibu, lho. Jadi, kenakanlah aksesori secara bijak. Pilih yang bisa mempercantik penampilan, namun tetap memudahkan ruang gerak Ibu.

Jika Ibu ingin mengenakan baju Lebaran yang sama dengan si Kecil, pastikan untuk memilih model dan bahan yang nyaman untuk si Kecil, ya. Ibu juga bisa memilih bahan yang sama saja dengan si Kecil tetapi dibuat dengan model yang lebih sesuai bagi anak-anak. Di hari Lebaran si Kecil tentu banyak bergerak dan bermain dengan saudara-saudaranya, jadi pastikan baju Lebarannya tetap nyaman saat ia aktif bergerak. 

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait