©shutterstock

Siapa Sangka Aktivitas Menyenangkan Ini Juga Menyehatkan

Senangnya bisa melakukan banyak aktivitas bersama keluarga. Tidak hanya mendekatkan hubungan antar keluarga dan memperlancar komunikasi tapi juga membawa banyak manfaat kesehatan. Apa saja ya kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan tersebut? Simak penjelasannya berikut ini ya, Bu.

Berlibur

Mengambil waktu di sela-sela kesibukan untuk berlibur bersama keluarga memang banyak dinanti-nanti. Himpitan stres dan kesibukan yang mendera sepanjang hari membuat pikiran jadi tertekan, stres, energi terkuras habis, dan kehilangan motivasi. Berlibur adalah kunci untuk menyegarkan pikiran dan mengembalikan tenaga. Penelitian yang dimuat di Journal of Occupational Health menyatakan orang-orang yang berlibur merasa lebih sehat, punya mood yang lebih baik, tidak mudah tersinggung, dan punya tingkat energi yang lebih tinggi. Yuk rencanakan liburan bersama keluarga sekarang juga!

Tidur

Walau banyak yang mengatakan tidur bersama si Kecil hanya akan membuatnya manja dan tergantung, tapi penelitian membuktikan sebaliknya. Justru berada di atas tempat tidur bersama memberikan manfaat kesehatan fisik dan mental. Psikiater dari Harvard University bernama Michael Commons menemukan anak yang tidur sendirian kecenderungan mengalami stres dan peningkatan kadar hormon kortisol, yang dapat menyebabkan kerusakan pada otak yang sedang berkembang. Ini yang membuat tubuh lebih rentan terhadap serangan penyakit dan butuh waktu lebih lama untuk sembuh.

Berpelukan

Berpelukan atau cuddling dipercaya dapat menurunkan tingkat stres dan tekanan darah tinggi yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Terapis Holistik Catherine A. Connors mengingatkan bagaimana kontak fisik dengan orang lain, seperti memeluk, meningkatkan kadar oksitoksin. Hormon inilah yang mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung, sekaligus membantu menurunkan tingkat stres dan kecemasan.

Memasak Bersama

Mengajak si Kecil turun ke dapur ternyata tidak hanya mengasah kemampuan motoriknya, tapi juga memberikan manfaat besar bagi kesehatannya. Menurut Susan Moores, MS, RD, juru bicara American Dietetic Association, memasak bersama keluarga meningkatkan ketertarikan untuk mencoba makanan baru dan sehat, mengurangi makanan tinggi kalori yang disantap di luar rumah, serta menanamkan pola makan yang baik bagi anak. Ibu bisa memulainya dengan mengajak si Kecil menyiapkan menu sederhana dan sehat, seperti salad dan smoothies. Selain manfaat bagi kesehatan, melakukan aktivitas ini bersama-sama juga mendekatkan hubungan dan komunikasi antar anggota keluarga.

Walau sering dipandang sepele, ternyata kegiatan-kegiatan sederhana ini mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh sekeluarga lho, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait