Tips Membeli Tiket Pesawat untuk Mudik

Apakah Ibu dan keluarga mempunya tradisi mudik untuk menyambut lebaran? Atau mungkin punya rencana untuk pergi berlibur sekeluarga? Mencari tiket pesawat di musim liburan atau high seasonmemang tidak murah. Jangankan tiket yang murah, mendapat tiketnya saja kadang-kadang sudah sulit. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Ibu coba untuk membeli tiket pesawat untuk mudik atau berlibur.

  1. Beli tiket sejak jauh hari

Jika Ibu beruntung, Ibu bisa membeli tiket pesawat sebelum harganya melonjak naik kalau membeli jauh-jauh hari. Kalaupun tidak mendapat harga yang paling murah, setidaknya kesempatan mendapat harga tiket normal lebih besar dan jumlah tiket yang tersedia pun masih banyak.

 

  1. Memanfaatkan Travel Fair

Kini, berbagai penerbangan sering kali menggelar travel fair yang bekerja sama dengan biro-biro perjalanan. Biasanya, dalam acara semacam ini Ibu bisa mendapat berbagai promo menarik ketika membeli tiket pesawat domestik maupun internasional. Kekurangannya, terkadang tanggal-tanggal tertentu, yang biasanya tergolong high season, disebut sebagai black out date dan tidak termasuk ke dalam tiket dengan harga promosi.

 

  1. Beli tiket online

Kini, semakin banyak terdapat situs-situs yang bukan milik maskapai tertentu dimana Ibu bisa membeli tiket pesawat online dengan mudah. Kelebihan membeli melalui situs perjalanan semacam ini adalah Ibu dapat dengan mudah membandingkan harga tiket dari berbagai maskapai dan memilih yang termurah. Selain itu, situs-situs ini terkadang juga menawarkan harga promo yang tidak Ibu temui di situs resmi maskapai tertentu maupun biro perjalanan offline. Yang penting, Ibu harus teliti dan memilih situs yang reputasinya baik serta terpercaya.

 

  1. Cermat memilih waktu

Waktu penerbangan turut menentukan harga tiket. Karenanya, jika memang tidak ada aktivitas yang Ibu kejar di tempat tujuan, Ibu bisa memilih waktu penerbangan dengan harga termurah. Biasanya, yang termurah adalah waktu penerbangan yang paling pagi.

 

  1. Jadi anggota

Umumya setiap maskapai mempunyai kartu keanggotaan yang memberi banyak keuntungan, termasuk promo harga tiket. Jika Ibu dan keluarga mempunya preferensi maskapai tertentu dan sering bepergian menggunakan maskapai tersebut, sebaiknya Ibu mendaftar sebagai anggota agar dapat menikmati keuntungan-keuntungan yang ditawarkan. Termasuk dapat menukarkan poin yang sudah dikumpulkan dengan tiket pesawat.

 

  1. Waktu yang fleksibel

Jika Ibu dan keluarga sekedar hendak pergi berlibur atau mudik tanpa ada acara tertentu yang harus diikuti, Ibu bisa lebih fleksibel dalam memilih tanggal. Dengan begitu, kemungkinan Ibu mendapat tiket pesawat dengan harga yang lebih murah pun semakin besar.

Nah, jika Ibu memilih budget airlinesatau maskapai dengan harga murah, jangan lupa untuk memperhitungkan biaya tambahan seperti bagasi dan juga makanan. Selamat merencanakan perjalanan bersama keluarga tersayang ya, Bu.

 

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait