Unik dan Asik Menyambut Tahun Baru

Belum punya acara di malam pergantian tahun dan bosan merayakan saat-saat istimewa itu di luar rumah? Jangan khawatir. Kami menawarkan kegiatan yang unik dan asik untuk semua anggota keluarga.

Ala Indian
Jauh sebelum manusia modern membuat rangkuman kejadian dalam satu tahun, suku Indian di Great Plains, Amerika Serikat, menggambar peristiwa sehari-hari di atas kulit binatang yang dicat dan disebut winter counts. Untuk menandai pergantian tahun, anak-anak bisa membuat winter counts berisi catatan peristiwa penting yang mereka alami selama satu tahun di atas tiruan kulit.

Gunakan kantong kertas belanjaan sebagai tiruan kulit dan minta anak untuk menggambar menggunakan krayon. Agar menyerupai kulit, remas kantong kertas yang sudah diwarnai tersebut dan celupkan perlahan ke dalam air yang dicampur sedikit cat air warna cokelat. Buka gulungan kertas dan keringkan di atas kertas koran.

Kartu Kenangan
Prinsip permainan yang mengasah konsentrasi ini sama dengan memory game. Buatlah kartu-kartu dihiasi gambar momen-momen favorit keluarga dan peristiwa penting yang dialami dalam satu tahun. Pertama, pilih enam peristiwa yang ingin diabadikan ke dalam kartu. Misalnya, saat Anda sekeluarga menonton Ratatouille di bioskop atau si kecil mengikuti pementasan balet untuk pertama kali. Lalu, cari gambar yang berhubungan dengan peristiwa tersebut dari majalah lama, kartu ucapan, dokumentasi pribadi, atau biarkan anak menggambar sendiri momen pilihannya. Anda perlu dua gambar yang sama atau minimal mirip, untuk setiap peristiwa. Tempel keduabelas gambar di atas karton tebal atau kardus bekas, dan deretan kartu kenangan siap dimainkan.

Alas Serbaguna
Jika Anda menghendaki kegiatan seru yang murah-meriah, permainan ini bisa Anda coba sekeluarga. Kumpulkan benda-benda berharga yang merefleksikan peristiwa satu tahun, seperti foto, tiket masuk wahana bermain, pita peringatan hari anak, atau gambar yang mendapat nilai A di sekolah. Menjelang malam pergantian tahun, semua memorabilia yang sudah ditempelkan ke dalam karton ukuran 40x30 cm tersebut bisa di-laminating agar tidak mudah rusak. Selain merekam kejadian penting sepanjang tahun, potongan kenangan tersebut dapat difungsikan sebagai alas serbaguna (alas makan atau alas menulis) yang tidak lekang dimakan waktu!

Penanda Peristiwa
Salah satu aktivitas menyambut tahun baru yang asik adalah membuat kalender. Jika anak Anda sudah besar, komputer dan printer akan memudahkan pekerjaan tanpa mengurangi keceriaan. Jika anak Anda masih kecil, siapkan kertas, krayon, spidol, dan berbagai barang bekas untuk menghias kalender. Tandai hari ulang tahun seluruh anggota keluarga besar dan hiasi dengan gambar yang mirip dengan kepribadian orang yang akan berulang tahun, misalnya gambar kucing untuk menandai ulang tahun sepupu yang sangat menyukai kucing. Hal itu bagus untuk membuat anak mengenal dan mengingat karakter anggota keluarga meski jarang bertemu. Tak lupa, berbagai peristiwa penting dalam satu tahun mendatang juga perlu ditandai. Hari pernikahan, Idul Fitri atau Natal, kenaikan kelas, atau pertandingan sepakbola sekolah yang sudah dijadwalkan jauh-jauh hari. Seiring waktu, dekorasi kalender bisa terus ditambahkan dengan menempelkan foto pesta ulang tahun sahabat karib atau gambar binatang peliharaan yang baru dibeli dari pet shop. Di akhir tahun, kalender tersebut menjadi pengingat kenangan manis. Menarik, bukan?

Pesta Kebun
Jika Anda memilih kegiatan yang satu ini, siapkan perlengkapan khas malam tahun baru, seperti terompet, topi kerucut, topeng, dan kembang api. Jangan sampai kekurangan makanan kecil namun tetap perhatikan jenis kudapan yang cocok untuk si kecil. “Ritual wajib” seperti barbeque pantang dilewatkan. Undang sanak keluarga yang rumahnya tidak terlalu jauh dengan kediaman Anda atau teman-teman dekat yang juga memiliki anak. Pindahkan televisi dari ruang keluarga ke halaman belakang rumah agar bisa menonton film komedi atau berkaraoke dengan anak-anak dan semua tamu. Acara heboh yang cenderung menimbulkan kebisingan ini paling baik jika dilakukan bersama-sama dengan tetangga dekat agar mereka tidak keberatan dengan “kegaduhan” yang terjadi di rumah Anda dan aktivitas menyambut tahun baru bisa semakin seru!

Share artikel ini:

Artikel Terkait