Varian Resep Tahu Bernutrisi untuk Keluarga

Makanan yang terbuat dari kacang kedelai satu ini pastinya sudah akrab di lidah orang Indonesia. Tahu, merupakan salah satu bahan kuliner yang dapat digunakan di berbagai jenis makanan tradisional Indonesia. Namun, terlepas dari hal tersebut, apakah Ibu mengetahui bahwa tahu sebenarnya bukan merupakan makanan asli Indonesia?

Benar, tahu tidak berasal dari Indonesia. Tahu berasal dari Tiongkok sejak 3000 tahun yang lalu. Dari Tiongkok, penyebaran tahu akhirnya menyebar ke daerah sekitarnya di Asia, termasuk Indonesia. Sejarawan Indonesia, Onghokham, bahkan menyatakan bahwa tahu termasuk bahan makanan alternatif ketika kirisis pangan melanda akibat eksploitasi hasil bumi pada masa penjajahan Belanda.

Teksturnya yang lembut membuat tahu mudah diolah dan dapat dikonsumsi oleh semua umur.  Selain itu, karena rasanya yang sesuai dengan selera orang Indonesia, tahu banyak ditemukan di berbagai variasi makanan Indonesia. Mari intip beberapa resep berbahan dasar tahu khas Nusantara di bawah ini.

1. Tahu Pong

Apakah Ibu pernah mendengar jenis kuliner yang satu ini? Tahu Pong adalah salah satu kuliner khas kota Semarang.  Bentuknya identik dengan potongan tahu tanpa isi yang mengembang setelah digoreng. Kata “pong” berasal dari kata “kopong” atau tidak ada isinya. Namun, sebagian berpendapat mengatakan bahwa kata “pong” berasal dari Bahasa Hokkian Selatan yaitu “phong” yang berarti menggembung. Agar dapat mengoptimalkan kandungan gizi dalam resep tahu khas budaya peranakan ini, Ibu dapat memperbanyak bawang putih yang sudah dikenal bergizi bagi kesehatan. Tahu pong biasanya dilengkapi dengan petis udang sebagai bumbu utamanya agar rasanya semakin enak saat disajikan.

2. Kupat Tahu

Kupat tahu merupakan salah satu resep tahu yang berasal dari Magelang. Menu ini terdiri dari ketupat, tahu, serta bumbu kacang bertekstur cair yang disiram di atasnya. Tidak perlu takut dengan kandungan pada makanan ini, selain tahu, ada daun bawang dan taoge yang membantu Ibu memenuhi nutrisi dalam sepiring kupat tahu.

3. Tahu Campur

Tahu campur merupakan makanan khas dari Lamongan. Sebagai pembedanya, resep tahu yang satu ini dilengkapi dengan perkedel yang terbuat dari singkong lho, Bu. Perkedel tersebut dipotong-potong bersama mie, taoge, selada, serta daging sapi sebelum disiram dengan kuah. Kandungan gizi dalam tahu campur sudah tidak perlu diragukan lagi, Bu. Selain protein nabati dari tahu, Ibu juga dapat memperoleh protein hewani dari daging sapi dan juga serat dari daun selada.

 

Courtesy : Google Images 

Share artikel ini:

Artikel Terkait