Waktunya Menyenangkan Diri Sendiri

Deadline pekerjaan dan masalah rumah tangga, seringnya datang secara bersamaan. Alhasil, kita harus menguras emosi dalam-dalam untuk menyelesaikannya. Namun menurut psikolog Joan Borysenko, PhD, tidak perlu emosi untuk menyelamatkan diri dari permasalahan yang datang silih berganti. Cukup ikuti tiga langkah berikut ini:

  • Saat kita merasa begitu banyak tekanan menghadang, berilah 20 menit bagi diri untuk relaksasi. Bisa dengan jalan santai, meditasi atau meregangkan otot-otot sambil menarik nafas dalam-dalam. Ini akan membuat kita kembali fokus pada apa yang menjadi kebutuhan utama. Sehingga semua masalah dapat dihadapi lebih objektif.
  • Setiap harinya, bersenang-senanglah dengan diri sendiri. Ingat, jangan undang siapa pun pada sesi ini. Tidak perlu lama-lama, cukup 20 menit. Jika ini dilakukan rutin setiap hari, maka kita telah mengapresiasi diri. Itu artinya, selalu ada semangat baru untuk melakukan segala sesuatunya lebih menyenangkan.
  • Saat tubuh mulai kelelahan dan teman mengajak kita untuk pergi berkumpul, tidak ada salahnya untuk mengatakan ‘tidak’. Karena tubuh yang kelelahan adalah pertanda kita harus memberikan waktu rileksasi pada diri sendiri. Setelah tubuh mendapatkan apa yang menjadi haknya, barulah kita bersenang-senang untuk memenuhi kebutuhan sosial.

Share artikel ini:

Artikel Terkait