Soto Bening Madura, Sajian Kuah Segar dan sehat dari Jawa Timur

Tahukah Ibu bahwa pulau yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini memiliki warisan kuliner yang lezat? Selain bebek bumbu Madura dan sate Madura, soto bening Madura merupakan kuliner khas lain yang dapat menjadi alternatif bagi Ibu yang ingin membuat sajian berkuah sebagai menu utama saat makan bersama keluarga.

Soto bening Madura terbuat dari daging sapi dan berbagai bahan lainnya seperti kentang, kol, dan tauge. Kandungan dalam soto bening Madura dapat membantu Ibu dan keluarga memenuhi kebutuhan gizi harian. Mengonsumsi daging secukupnya dapat memberikan dampak baik karena memiliki zat yang bermanfaat bagi tubuh, di antaranya seperti protein, zat besi,vitamin B, serta zinc.

Dari sayuran-sayuran yang menjadi pelengkap sajian soto bening Madura, Ibu dapat memperoleh banyak manfaat bagi tubuh, seperti kentang yang dapat menjadi sumber karbohidrat dan mempunyai kandungan serat dan vitamin C yang baik.  Dilansir dari livestrong, dalam kol, tidak terkandung lemak dan kolesterol. Kol mengandung vitamin C dan juga kalsium. Bahan lain yang ada dalam soto bening Madura adalah tauge. Tauge merupakan sumber vitamin B dan C yang baik. Selain itu, tauge juga mengandung protein dan berbagai mineral, seperti kalsium, kalium, dan zat besi.

Terakhir, tidak lengkap tentunya mengolah makanan khas Indonesia tanpa campuran rempah-rempah. Rempah-rempah seperti kunyit dan kemiri tidak hanya dapat membuat soto bening Madura semakin lezat ketika dikonsumsi. Menurut American Cancer Society, kunyit dapat membantu melawan sel-sel kanker. Sedangkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim di New Mexico State University menunjukkan bahwa kandungan pada kemiri dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang mengalir dalam darah. 

Share artikel ini:

Artikel Terkait