@shutterstock
vote

Tips Menghindari Menimbun Barang di Rumah

Selain membuat rumah berantakan, tumpukan barang dapat menjadi sarang nyamuk dan debu yang dapat merugikan kesehatan keluarga Anda.

  • Rate Artikel ini

Pernah menyadari rumah Anda penuh dengan tumpukan barang yang tidak terpakai atau menemukan baju yang labelnya masih terpasang di lemari pakaian? Saking sibuknya, terkadang Anda tidak punya waktu untuk sekedar membersihkan atau memilah tumpukan barang, yang sebenarnya sudah lama tidak Anda pakai.

Selain membuat rumah berantakan, tumpukan barang dapat menjadi sarang nyamuk dan debu yang dapat merugikan kesehatan keluarga Anda. Cermati tips-tips berikut ini untuk menghindari menimbun barang di rumah.

Buang barang yang tidak terpakai
Dilansir oleh situs Helpforhoarding, tumpukan di rumah biasanya diawali dengan kebiasaan berpegang pada suatu barang yang mungkin akan Anda butuhkan di kemudian hari. Padahal kenyataannya, Anda tidak menggunakannya dalam setahun lho. Lihatlah ke dalam timbunan barang dan mulailah membuang atau mendonasikan barang yang sudah lama tidak terpakai.

Mulailah dengan perlahan
Langkah terbaik untuk membersihkan tumpukan barang di rumah Anda adalah melakukannya dengan perlahan. Menurut situs Helpforhoarding, Anda bisa memulainya dengan membersihkan satu ruangan terlebih dahulu. Misalnya luangkan waktu 15 menit setiap hari untuk membersihkan catatan-catatan yang menumpuk di atas meja atau rapikan buku-buku yang ada di rak Anda. Sisihkan barang yang masih bisa digunakan dan buang yang Anda anggap sampah.

Masukkan dalam kotak
Masih merasa sayang untuk membuang sesuatu? Situs Helpforhoarding menyarankan untuk memasukkan barang-barang ke dalam sebuah kotak. Jika dalam 6 bulan Anda tidak membuka kotak tersebut, buang atau donasikan barang-barang yang masih layak pakai. Lakukan hal yang sama pada lemari pakaian Anda. Sisihkan outfit yang sudah tidak cukup atau ketinggalan jaman, dan sumbangkan ke orang-orang yang lebih membutuhkan.

Keep organized
Setelah sukses mengurai tumpukan-tumpukan barang dalam rumah Anda, mulailah mengatur penempatan barang-barang yang Anda miliki. Berlatihlah untuk selalu mengembalikan barang di tempatnya setelah digunakan. Tips dari situs Helpforhoarding untuk memanfaatkan wadah-wadah sebagai tempat penyimpanan barang-barang yang lebih kecil juga bisa Anda coba, agar tidak membuat rumah jadi berantakan.

Berhenti membeli barang yang tidak Anda butuhkan
Seringkali godaan diskon dan harga murah mendorong Anda untuk berbelanja lebih banyak dari kebutuhan Anda. Situs Helpforhoarding menganjurkan Anda untuk memikirkan apakah barang itu benar-benar dibutuhkan atau tidak, sebelum memutuskan untuk membelinya. Barang-barang yang terlanjur dibeli dan tidak digunakan dengan semestinya, hanya membuat rumah Anda terlihat penuh dan menjadi sarang nyamuk atau tumpukan debu, yang dapat memicu asma.

Jangan sampai kesehatan keluarga Anda terganggu karena timbunan barang yang tak terpakai. bersihkan rumah Anda sekarang juga ya.

 

Terbaru