Tips Penting Saat Membuat Kue Nastar

Seringkali para Ibu mengeluh gagal ketika membuat kue nastar. Padahal, cara membuat nastar yang dipraktikkan sudah benar, baik dari segi bahan maupun langkah membuatnya. Lantas, apa sih yang membuat kue nastar gagal dibuat? Buat Ibu yang mengalami masalah sama, coba perhatikan hal-hal berikut saat membuat kue nastar.

  1. Kebersihan Alat-Alat yang Digunakan

Bahan sudah tertakar dengan benar, bisa jadi kebersihan alat yang membuat kue gagal mengembang. Pastikan semua alat bersih dan kering. Jika ada air di baskom tempat mengocok telur, sudah dipastikan kue tak akan bisa menghasilkan tekstur sempurna.

  1. Perhatikan Suhu Telur

Telur yang digunakan untuk bahan nastar harusnya telur bersuhu ruangan. Oleh karena itu, jika Ibu menaruh telur di lemari pendingin, diamkan dulu telur tersebut di suhu ruang. Setelah suhu dinginnya hilang, barulah pisahkan kuning telur dan putihnya. Untuk membuat nastar, gunakan bagian kuning telurnya saja.

  1. Mengetahui Jenis Terigu

Ibu harus tahu jika ada 3 macam terigu, yaitu terigu protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah. Terigu protein tinggi biasa dijadikan bahan roti dan terigu protein sedang dijadikan bahan pembuat cake. Hindari tepung terigu protein tinggi guna membantu suksesnya cara membuat nastar.

  1. Perhatikan Perbedaan Margarin dan Mentega

Mentega terbuat dari lemak hewani, sedangkan margarin terbuat dari lemak nabati. Dalam cara membuat nastar, Ibu sebaiknya memilih mentega karena mentega dapat membuat cita rasa kue menjadi lebih lezat.

  1. Perhatikan Instruksi

Perhatikan arahan cara membuat nastar dengan benar. Perhatikan setiap detail ya, Bu. Misalnya, bedakan antara mengaduk dan mengocok. Mengocok berarti menggunakan mixer, sedangkan mengaduk berarti boleh menggunakan tangan saja. Tentunya, salah teknik akan berpengaruh pada hasil.

  1. Ukuran Kematangan Kue

Seringkali kue nastar gagal dibuat karena Ibu tak tahu tingkat kematangan kue. Hasilnya, kue nastar kurang renyah ketika kurang matang dan justru menjadi gosong ketika dipanggang terlalu lama. Untuk kue nastar dapat diketahui tingkat kematangannya apabila permukaan kue terlihat mengkilat dan bau harum sudah tercium. Sebaiknya, nastar tidak di-oven terlalu lama karena dapat membuat tampilan kue kusam dan tidak mengkilat.

  1. Urutan Memasukkan Bahan

Dalam praktik cara membuat nastar, Ibu harus memperhatikan urutan memasukkan bahan. Jangan terburu-buru, pastikan bahan tercampur sempurna sebelum memasukkan urutan bahan selanjutnya.

Demikian hal yang perlu Ibu perhatikan ketika membuat nastar. Selamat mencoba dan semoga berhasil membuat nastar untuk keluarga Ibu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait