Virus Zika, Hindari Sesegera Mungkin

Hingga saat ini, virus zika belum memiliki obat khusus yang dapat menyembuhkannya. Menjaga daya tahan tubuh serta perbanyak mengonsumsi air putih dianggap mampu meredakan gejala virus zika.

Oleh karena virus zika memang tidak dapat diobati secara khusus, sebagai antisipasi Ibu perlu melakukan beberapa langkah untuk mencegah terjadinya gejala penyakit virus zika yang berasal dari gigitan nyamuk aedes aegypti.

  1. Hindari bepergian ke daerah yang terkena wabah

Mengunjungi daerah dimana terdapat virus zika dapat meningkatkan potensi terkena infeksi virus zika. Jika bepergian diharuskan, beraktivitas di luar ruangan pada siang hari sebaiknya dihindari karena nyamuk pembawa virus banyak berkeliaran pada waktu tersebut.

  1. Perkuat imunitas tubuh

Cara terbaik untuk menghindari terkena wabah virus zika adalah menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Konsumsi makanan yang bernutrisi agar asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh terpenuhi.

  1. Menggunakan lotion anti nyamuk

Menghindari gigitan nyamuk pada tubuh merupakan cara utama agar tidak tertular virus zika. Menggunakan lotion anti nyamuk dapat menjadi solusi agar gigitan nyamuk tidak terjadi. Jika ingin menggunakan krim atau sunblock, gunakanlah lotion anti nyamuk di atas krim lain agar kandungannya tetap dapat melindungi tubuh dari gigitan nyamuk. Hindari lotion menempel pada pakaian atau luka. Oleh karena itu, biarkan lotion anti nyamuk hingga meresap pada kulit. Selain itu, nyamuk dengan jenis aedes memiliki ketertarikan khusus pada bagian kaki karena kaki memiliki banyak pembuluh darah. Jadi, pastikan bagian kaki juga dioleskan dengan lotion, ya.

  1. Rutin membersihkan rumah

Tahukah Ibu bahwa dengan satu sendok makan air bersih ternyata dapat menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk dan menghasilkan 300 ekor nyamuk baru? Dengan mudahnya perkembangbiakan nyamuk di rumah, serangga ini juga lebih mudah untuk menularkan virus dari satu orang ke orang lainnya. Bersihkan tempat-tempat yang berpotensi menampung air bersih, seperti pot, ember, botol bekas, atau tempat sampah. Rutin melakukan penyemprotan nyamuk di lingkungan rumah pun diperlukan agar lingkungan terbebas dari nyamuk pembawa virus zika.

Share artikel ini:

Artikel Terkait