Yuk Buat Keripik Bayam di Rumah

Keripik sayur kini semakin populer, berbagai macam olahan keripik berbahan dasar sayur pun semakin menjadi favorit para Ibu demi menyajikan makanan ringan yang bervariasi untuk keluarga. Tidak jarang, keripik sayur pun menjadi buah tangan setelah Ibu dan keluarga pergi berwisata. Salah satu sayuran favorit dan paling banyak diolah untuk bahan baku keripik adalah bayam.

Olahan keripik sayur memang berbahan dasar sayuran, namun keripik sayur sendiri merupakan jenis camilan yang perlu diwaspadai, meskipun kandungan nutrisinya tetap ada akan tetapi tambahan lemak, karbohidrat, dan lainnya yang dikandung oleh keripik sayur bisa jadi  tinggi karena terdapat banyak zat-zat tambahan seperti bumbu masakan, tepung, dan juga minyak. Oleh karena itu, Ibu bisa menyiasatinya dengan membuat keripik bayam sendiri di rumah. Selain dapat lebih terkontrol, Ibu pun dapat mengenalkan sayuran bayam kepada si Kecil yang enggan mengonsumsi sayur.Kira-kira apakah keuntungannya Ibu membuat keripik bayam di rumah?

  1. Dapat mengukur garam sesuai selera

Ibu tentunya tidak ingin kesehatan keluarga terganggu akibat mengonsumsi terlalu banyak garam. Nah, mulailah kebiasaan untuk mengurangi pemakaian garam berlebihan dalam setiap masakan Ibu, termasuk saat mengolah bayam menjadi keripik bayam.

  1. Dapat selalu disajikan dengan renyah

Dilansir dari buku Yuk, Makan Bayam, Ibu disarankan untuk menggoreng keripik bayam secukupnya agar habis dalam satu kali penyajian. Dengan begitu, keripik bayam selalu tersaji dalam keadaan renyah. Jika masih ada sisa adonan , Ibu tidak perlu bingung. Cukup masukkan adonan ke dalam lemari es karena adonan keripik bayam dapat bertahan selama dua hari. Selain itu, usahakan untuk memilih daun bayam terbaik yang utuh, berukuran besar, segar, dan kering agar keripik bayam Ibu tampil lebih menarik.

  1. Dapat memastikan kondisi minyak goreng

Minyak goreng yang telah digunakan berkali-kali dapat mengganggu kesehatan karena kandungan asam lemak transnya. Mengolah keripik bayam sendiri di rumah dapat berarti menghindari penggunaan minyak goreng yang lebih dari satu kali.

Tidak perlu selalu membeli olahan keripik bayam karena Ibu pun ternyata dapat dengan mudah membuatnya sendiri di rumah. Selain itu Ibu juga dapat mengatur agar keripik bayam buatan Ibu tetap terjaga kandungan gizinya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait