Yuk, Kenali Bumbu Sate Khas Nusantara!

Bumbu sate dari berbagai daerah tentunya memiliki perbedaan yang khas. Seperti yang diketahui, sate merupakan salah satu jenis kuliner khas nusantara yang sudah sangat populer ya, Ibu. Bahkan jika boleh dibilang, setiap masyarakat Indonesia pasti mengenal makanan yang disajikan dengan tusukan daging disertai bumbu khas ini. Walaupun terbiasa membeli, kini Ibu bisa membuatnya dengan mudah karena bumbu sate sebenarnya tidak terlalu sulit ditemukan di dapur Ibu. Bahan baku yang dibutuhkan hanya daging segar kemudian bisa Ibu kreasikan dengan beragam resep bumbu sate khas dari masing-masing daerah di Indonesia. Apa sajakah bumbu sate khas Nusantara?

  1. Bumbu Sate Madura

Bumbu sate dari pulau Madura ini terkenal akan kelezatannya. Ibu bisa menyiapkan aneka bumbu yang terdiri dari gula jawa, bawang putih, kacang tanah, petis, kemiri serta garam yang kemudian dihaluskan. Sementara itu ada dua pilihan penyajian untuk sate khas Madura ini seperti disajikan dengan bumbu kacang, atau yang kedua dengan kecap manis dan irisan bawang merah.

  1. Bumbu Sate Padang

Perbedaan bumbu sate khas Sumatra Barat ini terletak di saus kuning yang kental dan lezat. Untuk membuat saus ini, Ibu perlu membuat bumbu dari campuran kaldu, kunyit, jahe, jinten, ketumbar, bawang putih, lengkuas, bubuk kari, dan garam.

  1. Bumbu Sate Sapi Maranggi

Bunga kecombrang menjadi andalan dalam bumbu sate sapi khas Jawa Barat ini. Ya, Ibu bisa menyiapkan bunga kecombrang dan tepung ketan sebagai bumbu dari daging yang dipanggang. Aroma kecombrang yang khas ini akan berpadu lezat dengan ketan atau nasi putih saat disajikan.

  1. Bumbu Sate Ambal

Membuat Sate Ambal khas Kebumen, Ibu boleh menyiapkan tempe sebagai bahan utama bumbunya. Ya, Sate Ambal dikenal dengan bumbu tempe tumbuknya yang khas dan dicampur dengan cabe. Aroma daging yang khas juga akan keluar saat dipanggang karena direndam dalam bumbu selama hampir dua jam. Sate Ambal khas Kebumen ini paling nikmat disajikan bersama ketupat lho!

  1. Bumbu Sate Lilit

Bila Ibu ingin mengolah daging sapi, ini dia alternatif yang tepat. Bumbu sate sapi yang berbeda dapat menjadi daya tarik untuk mencoba menu yang satu ini. Kreasi sate lilit dari Pulau Dewata ini dapat terbuat dari daging sapi cincang, atau jenis daging lainnya seperti ayam atau ikan. Kemudian, daging yang sudah dicincang tersebut dipadukan dengan parutan kelapa, jeruk nipis, santan, serta bawang merah dan merica. Perbedaannya terletak di tusukan sate yang sengaja dililit dari batang bambu, batang serai atau batang tebu. Kemudian daging sate yang sudah dililitkan dipanggang di atas arang panas.

Selain bumbu sate kecap dan bumbu sate kacang, ternyata banyak kreasi sajian sate yang dapat Ibu coba sebagai menu keluarga, loh. Kini, mengolah daging yang kaya protein pun dapat semakin bervariasi!

Share artikel ini:

Artikel Terkait