vote

Yuk Kenali Peran Orang Tua yang Tepat dalam Mengasuh Generasi Alfa

Tantangan yang dihadapi oleh orang tua masa kini dapat lebih berat daripada generasi orang tua sebelumnya. Agar si Kecil tetap mendapatkan nilai-nilai yang baik, tentunya Ibu sebagai orang tua perlu dekat dengannya serta lingkungan di sekelilingnya.

  • Rate Artikel ini

Era digital dan globalisasi di segala bidang memberikan tekanan tersendiri bagi para orang tua. Oleh karena itu, peran orang tua sangatlah dIbutuhkan untuk mengarahkan si Kecil menghadapi era yang semakin maju dan dipenuhi oleh perkembangan teknologi di segala bidang. Meskipun di sisi lain, peran orang tua dalam mengakses informasi mengenai pembelajaran pola asuh anak atau parenting semakin mudah dan terbuka lebar.

Generasi alfa adalah generasi yang lahir setelah tahun 2010, ketik masa perkembangan teknologi yang pesat terjadi. Tahun tersebut dinilai menjadi awal generasi yang akrab dengan layar sejak dini.  Meskipun demikian, di tengah berbagai kemudahan yang ada, peran orang tua dalam mengasuh generasi alfa secara baik dan benar sangat dibutuhkan. Berikut ini beberapa tips agar peran orang tua dapat dilakukan secara optimal dalam mengasuh generasi alfa.

  1. Peka terhadap perubahan zaman

Sebagai orang tua di era digitalisasi yang mengasuh generasi alfa, Ibu diharapkan peka terhadap segala perubahan terutama di bidang teknologi. Adanya perkembangan zaman perlu diimbangi dengan sikap Ibu yang terbuka terhadap pemikiran-pemikiran baru serta tidak berpatokan pada pola pikir lama. Ibu tentunya tidak bisa menyamakan masa si Kecil tumbuh dengan masa kecil Ibu karena pola pikir lama tidak bisa dijadikan pedoman sepenuhnya dalam mengasuh si Kecil.

  1. Pendampingan saat mengakses teknologi

Kemudahan-kemudahan yang ada karena alat-alat teknologi tentunya dapat membawa dampak perilaku serta pandangan hidup manusia, tidak hanya pada orang dewasa, tetapi juga si Kecil. ia butuh

  1. Pembekalan nilai agama

Selain mendapatkan tantangan dari luar, si Kecil pun seiring waktu akan mendapat tantangan dari dalam dirinya sendiri. Dengan demikian, si Kecil perlu mendapat bekal pengetahuan agama sejak dini dari keluarga yang nantinya juga dapat bermanfaat untuk membentengi diri dari efek negatif teknologi.

Tantangan yang dihadapi oleh orang tua masa kini dapat lebih berat daripada generasi orang tua sebelumnya. Agar si Kecil tetap mendapatkan nilai-nilai yang baik, tentunya Ibu sebagai orang tua perlu dekat dengannya serta lingkungan di sekelilingnya.

Artikel Terkait

Terbaru