vote

Yuk Makan Coklat di Hari Valentine

Takut mengonsumsi coklat valentine? Sebenarnya apabila dikonsumsi secara rutin, coklat dapat memberikan dampak yang baik bagi tubuh, lho.

  • Rate Artikel ini

Memasuki bulan Februari menandakan maraknya pernak-pernik berwarna pink serta simbol hati. Pernak-pernik tersebut merupakan simbol perayaan hari kasih sayang atau Valentine. Perayaan hari kasih sayang ini jatuh pada tanggal 14 Februari setiap tahunnya.

Selain pernak-pernik, hari spesial yang satu ini juga identik dengan coklat valentine. Ternyata, coklat valentine selain sebagai hadiah ungkapan kasih sayang, juga bisa untuk menjaga kesehatan, seperti :

  1. Mengontrol rasa lapar

Coklat merupakan makanan yang kaya dengan serat. Dengan kandungan seratnya, coklat dapat membantu mengontrol rasa lapar. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Copenhagen, dark chocolate bahkan dapat lebih mengenyangkan daripada susu serta dapat mengurangi nafsu memakan makanan yang asin, manis, serta berlemak.

  1. Mengurangi kolesterol

Makanan yang manis satu ini terbukti dapat menurunkan LDL atau kolesterol jahat. Coklat juga dapat menaikkan HDL atau kolesterol baik. Dengan adanya penurunan jumlah kolesterol jahat, maka resiko terkena penyakit jantung akan mengalami penurunan.

  1. Membantu pencegahan kanker

Coklat mengandung komponen pentameric procyanidin atau pentamer yang mampu menghambat kemampuan sel kanker untuk menyebar. Dalam satu studi di Georgetown University, sel kanker yang bertemu dengan pentamer menjadi terhenti penyebarannya.

  1. Mengurangi resiko penyakit stroke

Ingin terhindar dari resiko terkena stroke? Yuk konsumsi coklat secukupnya. Sebuah studi pada tahun 2011 di Swedia menunjukkan bahwa perempuan yang mengonsumsi 45 gram coklat dalam waktu satu minggu ternyata memiliki resiko 20% lebih rendah daripada perempuan yang mengonsumsi coklat kurang dari 9 gram.

  1. Mencegah stress

Selain berguna bagi tubuh, coklat juga memiliki phenylethylamine (PEA) yang dapat menstimulasi otak untuk mengurangi stress dan menjadi lebih bahagia. Mengonsumsi coklat juga dapat mengeluarkan endorfin, yaitu zat pereda rasa sakit, dari dalam otak.

Makanan apapun, termasuk coklat, memang tidak baik apabila dikonsumsi secara berlebihan. Tetapi mengonsumsi coklat valentine tetap menyehatkan apabila sesuai dengan kebutuhan tubuh. Yuk, konsumsi coklat secukupnya agar manfaatnya tetap dapat dirasakan!

Artikel Terkait

Terbaru