4 Cara Pintar Sajikan Makanan Kaya Serat

Sudah tahu kan pentingnya serat untuk kesehatan? Kalangan ahli gizi membagi serat menjadi dua, yaitu serat larut dan serat tak larut. Kedua serat ini  bersifat mengikat air dan menjaga keberadaan air dalam saluran cerna sehingga memudahkan defikasi atau buang air besar. Nah, agar mudah menyajikannya, ikuti ulasan berikut ini.

Sajikan dengan kreatif
Makanan kaya serat cenderung yang kurang disukai oleh anak-anak. Bisa ditebak, sayuran dan buah-buahan. Untuk itu, maksimalkan pada pengolahan dan penyajiannya. Anda bisa membuat sayuran sebagai campuran omelet, serta buah-buahan untuk smoothie maupun es krim yang menyegarkan. Sajikan dengan menarik, agar anak Anda terpikat untuk menghabiskannya.

Kombinasikan warna makanan
Jika Anda hendak membuat salad sayur atau sop buah, gunakan beragam jenisnya. Utamakan pemilihan warna yang menarik. Misalnya saja, Anda bisa membuat salad dari campuran kol ungu, lobak merah, kale dan juga  aneka paprika. Demikian juga dengan sop buah, manfaatkan beragam buah seperti semangka, melon, mangga, kiwi, stroberi, pepaya dalam semangkuk sajiannya.

Pilih tekstur yang lunak
Jangan memberikan salad sayur yang sulit dicerna oleh si kecil, seperti wortel mentah atau lobak. Selain teksturnya keras, rasa wortel dan lobak mentah begitu aneh manakala tidak terbiasa memakannya. Sebagai gantinya, selada air dengan campuran bawang bombay, tomat dan minyak zaitun bisa menjadi pilihan. Bila ingin membuat variasi, rebus atau kukus sayuran yang memiliki tekstur keras itu terlebih dahulu.

Jangan terlalu matang
Seperti kebanyakan nutrisi pada makanan, yang bisa hilang saat dimasak dalam suhu yang tinggi dan waktu lama. Serat yang ada dalam sayur dan buah juga bisa hilang jika salah mengolahnya. Yang benar, masukkan sayuran pada tahapan akhir memasak agar nutrisinya tidak hilang. Selain itu, cara semacam ini dapat membuat tampilan makanan tetap segar dan menarik saat disajikan.

Mudah kan, Bu? Tunggu apalagi, sajikan sumber serat pada anak dengan empat cara pintar tersebut. Let's do it!

Share artikel ini:

Artikel Terkait