5 Makanan Sehat Mancanegara dan Manfaatnya

Majalah Health dari Amerika Serikat pada Februari 2008 mengeluarkan lima daftar makanan paling sehat di dunia. Ingin tahu apa saja? Berikut kami sajikan spesial untuk Ibu makanan sehat tersebut lengkap dengan alasan mengapa perlu mengkonsumsinya.

  1. Kimchi (Korea)
    Kimchi terbuat dari sawi dengan ramuan beraneka bumbu. Makanan sehat ini kaya vitamin A, B, dan C, dan tidak akan membuat Ibu gemuk bila mengkonsumsinya. Namun, kekuatan utama dari makanan yang satu ini terletak pada kandungan bakteri “baik” yaitu lactobacilli yang juga banyak ditemukan pada yogurt. Bakteri tersebut membantu sistem pencernaan sekaligus membantu mencegah infeksi. Beberapa studi bahkan menyebutkan kalau sayuran yang telah terfermentasi dalam kimchi bisa membantu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.
  2. Kedelai (Jepang)
    Orang Jepang amat menyukai tofu yang sering dijadikan bahan utama makanan yang mereka santap setiap hari. Jenis makanan berbahan dasar kedelai seperti tofu ini memang kaya akan isoflavon. Substansi yang menyerupai estrogen tersebut mampu mencegah kanker dan osteoporosis. Tak hanya itu, kedelai juga sangat baik untuk jantung. Tak heran jika kedelai menjadi makanan sehat orang Jepang.

    Baca Juga : Resep Makanan Sehat Tapi Praktis
     
  3. Yogurt (Yunani)
    Yogurt sangat baik untuk sistem pencernaan dan kesehatan vagina. Selain itu, minuman yang rasanya sedikit asam ini juga membantu mengatasi masalah intoleransi laktosa, memperkuat tulang, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Yogurt pun mampu menurunkan tekanan darah, mencegah kanker, dan membantu menurunkan berat badan. Untuk masalah berat badan sendiri, hal itu sudah dibuktikan oleh para peneliti dari The International Journal of Obesity. Minum 3 gelas yogurt non lemak sehari bisa mengurangi berat tubuh 22 persen lebih banyak.
  4. Minyak Zaitun (Spanyol)
    Kandungan zat antioksidan yang ada di dalam minyak zaitun mampu melindungi jantung karena bisa mengurangi kadar kolesterol jahat. Selain itu, para peneliti dari Philadelphias Monell Chemical Senses Center juga menemukan bahwa minyak tersebut mengandung zat ibuprofen yang berperan sebagai pembunuh rasa sakit akibat peradangan. Sehingga tak heran jika minyak zaitun bisa mencegah serangan jantung, stroke, beberapa jenis kanker, dan bahkan penyakit Alzheimer.
  5. Kacang lentil (India)
    Kacang-kacangan asal India ini beragam warna dari hitam, hijau, oranye, merah, dan kuning. Meski ukurannya mini, manfaat lentil sangat besar bagi kesehatan .
    Kacang lentil kaya serat sehingga dapat menurunkan kolesterol serta kadar gula darah. Lentil mengandung protein, zat besi, vitamin B, dan folat alias nutrisi penting terutama bagi ibu hamil. Folat mengurangi resiko kemungkinan cacat pada embrio di dalam perut mereka .
    Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa antioksidan dalam lentil dapat melindungi orang dari kanker, penyakit jantung, diabetes, dan tanda-tanda penuaan. Anda dapat mencampur lentil dengan sayuran sehat lainnya seperti bawang merah , bawang putih , dan berbagai jenis herbal .

Share artikel ini:

Artikel Terkait